PENERAPAN MODEL JOINT ECONOMIC LOT SIZE PADA PT. MPX ANTARA PEMANUFAKTUR DAN MULTI PEMBELI DENGAN PERMINTAAN PROBABILISTIK

Authors

  • Deny Santining Tyas Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Moch Anshori Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v1i1.23-28

Keywords:

permintaan probabilistik, lot pengiriman rantai pasok, joint economic lot size

Abstract

PT. MPX adalah perusahaan pengelola coklat yang memiliki permasalahan mengenai pengelolaan persediaan dengan distibutornya, sehingga menyebabkan tidak stabilnya permintaan dari kedua pembeli, serta tidak ada waktu pengiriman yang optimal untuk keduanya. Pada kondisi nyata pihak pembeli dan pemanufaktur menetapkan ukuran lot optimalnya masing-masing, sehingga penulis melakukan penelitian untuk mencari lot pengiriman dan biaya optimal untuk semua level. Penelitian ini menerapkan metode JELS (Joint Economic Lot Size) antara pemanufaktur tunggal dan multi pembeli dengan permintaan probabilistik. Hasil dari analisa ini membuktikan bahwa dengan menerapkan metode JELS (Joint Economic Lot Size) pada pemanufaktur tunggal dan multi pembeli menghasilkan total biaya yang lebih kecil dibandingkan tanpa menggunakan metode JELS (Joint Economic Lot Size) serta didapatkan waktu pemesanan yang optimal bagi kedua pembeli.

Author Biographies

Deny Santining Tyas, Universitas Maarif Hasyim Latif

Fakultas Teknik, Teknik Insdustri

Moch Anshori, Universitas Maarif Hasyim Latif

Fakultas Teknik, Teknik Industri

References

Anshori, Moch, I Nyoman Pujawan, and Stevanus Eko Wiratno. 2017. “Model Koordinasi Pemanufaktur Tunggal Multi Pembeli Dengan Permintaan Probabilistik.”

Goyal, S K. 1977. “An Integrated InventoryModel for a Single Supplier-Single Customer Problem.” The International Journal of Production Research 15(1): 107–11.

Prawirosentono, Suyadi. 2001. “Manajemen Operasi Edisi Ketiga.” Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2018-12-30