ANALISA PENGARUH SHIFT KERJA, MASA KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS DI PT. SUPRANUSA INDOGITA)

Fherdy Firmansyah, Gusti Adriansyah, Moch Anshori

Abstract


Adanya upaya memenuhi kebutuhan pasar, perusahaan harus menetapkan jam operasi 24 jam. Sehingga diperlukan sistem kerja yang baik. Perusahaan menerapkan sistem kerja 3 shift. Namun, ada beberapa permasalahan yang dihadapi pihak manajemen perusahaan, salah satunya perbedaan hasil kerja karyawan secara keseluruhan untuk masing-masing shift.  Pada karyawan yang senior memiliki bekerja lebih santai, sebagian dari mereka membebankan tugas dan tanggungjawabnya kepada juniornya, perilaku tersebut yang mengakibatkan adanya perbedaan hasil kerja antara junior dan senior yang berdampak pada perusahaan.  Hal tersebut terjadi pada PT Supranusa Indogita sehingga penelitiaan ini dilakukan pada perusahaan tersebut sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan sample sebanyak 68 responden dari total populasi yaitu 100 responden, dan bagian divisi yang dijadikan sebagai sample adalah bagian produksi. Pada penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan survey kuisioner dan SEM sebagai hasil olah data.  Pada penelitian variabel independen adalah shift kerja, masa kerja dan motivasi dan variabel dependen produktivitas kerja dan kinerja. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa shift kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas namun shift kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja, sedangkan pada masa kerja dan motivasi kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap produktivitas.

ABSTRACT

In a business world, companies certainly want an effort to meet market needs, companies must set 24-hour operating hours. So we need a good working system. The company implements a 3shift work system. However, there are several problems faced by the company's management, one of which is the difference in the overall work results of employees for each shift. Senior employees have a more relaxed job, some of them impose their duties and responsibilities on their juniors, this behavior results in differences in work results between juniors and seniors which have an impact on the company. This happened to PT Supranusa Indogita so that this research was carried out on the company as the object of research. In this study using a sample of 68 respondents from the total population of 100 respondents, and the division that is used as a sample is the production department. In this study using quantitative data collection using a questionnaire survey and SEM as the result of data processing. In this study the independent variables are work shifts, years of service and motivation and the dependent variable is work productivity and performance. The results in this study state that work shifts have no significant effect on productivity, but work shifts have a significant effect on performance, while tenure and work motivation have a significant effect on productivity.

 


Keywords


kinerja, masa kerja, motivasi, produktivitas kerja, shift kerja

Full Text:

PDF

References


Alfanan, A. &. (2016). Shift Kerja Dan Produktivitas Pekerja Bagian Penggilingan di PT Madukismo Yogyakarta. Formil (Forum Ilmiah) KesMas Respati 1.1, 87 - 93.

Ghozali, I. (2008). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Semarang : Undip Press, 10-15.

Harlie, M. (2017). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Tingkat Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Kasus PT. Surya Satria Timur Corporation Jakarta Pusat). Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(1), 1-12.

Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares dengan SmartPLS 3.0 . Universitas Brawijaya Journal.

Mangkunegara, A. A. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Yogyakarta: emaja Rosdakarya.

Yulianto, N. A. (2018). Metode Penelitian Bisnis: Metode Penelitian Bisnis. Malang : Polinema Press., 56-70.

Ekasari, R., Pradana, M. S., Adriansyah, G., Prasnowo, M. A., Rodli, A. F., & Hidayat, K (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Puskesmas Dengan Metode Servqual. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 9(1), 86-93.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/jiso.v5i1.33-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ISSN 2622-898X (online), 2622-8971 (print)

Creative Commons License

JISO  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


Publisher: LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257
  031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail: journal_iso@umaha.ac.id
URL: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/jiso



Indexed by :