PENGARUH HARGA, PELAYANAN, LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus di Bengkel Makmur Motor)

Dzulfiqar Fauzi Pratama

Abstract


 In the modern era, competition between organizations is growing day with the aid of day. The existence of official and unofficial workshops has become a fierce business competition. Therefore, it is fundamental to lookup the impact of price, service, and vicinity on client satisfaction and loyalty in order to acquire corrective action for Makmur Motor repair shops. This find out about aims to determine the effect of price, service, area on client pleasure and determine the impact of price, consumer satisfaction, area on consumer loyalty.The first concept in this study is to determine the object of research and identify the number of respondents who will be given research questionnaires, then the data from the respondents are tested for validity and reliability tests, the questionnaire after the data is declared valid and reliable, proceed to the data processing stage using SmartPLS Software. Based on the consequences of statistics processing shows, price has no impact on purchaser satisfaction, while service and location affect client delight and price has no impact on client loyalty, while consumer delight and region have an effect on client loyalty.

Abstrak

Di seiring berjalannya waktu, persaingan antar perusahaan semakin meningkat. Keberadaan bengkel formal dan informal telah menjadi persaingan usaha yang ketat. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian pengaruh harga, pelayanan, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan sehingga diperoleh langkah-langkah perbaikan kepada bengkel Makmur Motor. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh harga, pelayanan, lokasi terhadap kepuasan pelanggan dan mengetahui pengaruh harga, kepuasan pelanggan, lokasi terhadap loyalitas pelanggan. Konsep penelitian pertama ialah menentukan objek penelitian serta mengindentifikasi jumlah responden yang akan diberikan kuisioner penelitian, kemudian data dari responden di uji validitas dan uji reliabilitas, kuisioner setelah data diyantakan valid dan reliabel dilanjutkan ke tahap pengujian data menggunakan pendekatan SEM. Berdasarkan konsekuensi pengolahan statistik menunjukkan, harga tidak berdampak pada kepuasan pembeli, sedangkan layanan dan lokasi mempengaruhi kepuasan klien dan harga tidak berdampak pada loyalitas klien, sedangkan kepuasan konsumen dan wilayah berpengaruh pada loyalitas klien.


Keywords


price, customer satisfaction, customer loyalty, location, service, SEM

Full Text:

PDF

References


Ardhana, O., & TRI ASTUTI, S. R. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas layanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Bengkel Caesar Semarang). Universitas Diponegoro.

Ardhyani, I. W., & Singgih, M. L. (2017). Pengukuran Kualitas Layanan dengan Higher Education Performance (HEdPERF) dan Higher Education Service Quality (HiEdQUAL). Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(1), 25–32.

Bastian, D. A. (2014). Analisa pengaruh citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) ades pt. ades alfindo putra setia. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–9.

Bilgies, A. F. (2016). Peran kualitas , harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan billagio skincare clinic Sidoarjo. EKONIKA Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(1).

Michelle, M. (2019). Pengaruh pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Cafe Zybrick Coffee & Cantina. Agora, 7(1).

Pongoh, M. E. (2013). Kualitas layanan, kualitas produk dan harga pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen kartu as telkomsel di kota manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).

Yamin, S., & Kurniawan, H. (2009). SPSS Complete: Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/jiso.v4i2.102-108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ISSN 2622-898X (online), 2622-8971 (print)

Creative Commons License

JISO  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


Publisher: LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257
  031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail: journal_iso@umaha.ac.id
URL: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/jiso



Indexed by :