PENGARUH NILAI KONSUMEN, KEPERCAYAAN MERK TERHADAP MINAT KONSUMEN MENGGUNAKAN DIGITAL PAYMENT OVO

Authors

  • Dani Firmansyah

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v2i2.769

Keywords:

Nilai Konsumen, Kepercayaan Merk, dan Minat Konsumen

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat, menyebabkan terjadinya revolusi digital di dunia. Tren belanja online membuat metode pembayaran baru di Indonesia yang bernama Financial Technology (Fintech) untuk memudahkan dalam bertransaksi. Salah satu bentuk fintech yang menjadi tren saat ini adalah digital payment. Pada penelitian ini peneliti mempunyai tujuan untuk menganalisa dan mengetahui pengaruh nilai konsumen dan kepercayaan merk terhadap minat konsumen dalam menggunakan digital payment merk ovo pada mahasiswa feb universitas maarif hasyim latif sidoarjo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif, dengan sampel yang diambil sebanyak 90 responden. Peneliti juga menggunakan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software SPSS 24. Hasil dari  penelitian ini membuktikan adanya dampak yang signifikan terhadap variabel independen atas variabel dependen secara parsial dan juga secara simultan. A). Variabel nilai konsumen mempunyai dampak positif yang signifikan atas variabel minat konsumen. Dengan hasil perhitungan thitung  sebesar 8,999 > ttabel sebesar  1,98761. B). Variabel kepercayaan merk mempunyai dampak positif yang signifikan atas variabel minat konsumen Dengan hasil perhitungan thitung  sebesar 4,344 > ttabel sebesar  1,98761. C). Variabel independen yakni nilai konsumen dan kepercayaan merk, secara simultan mempunyai dampak yang signifikan atas variabel dependen yakni minat konsumen. Dengan hasil perhitungan fhitung 118,347 dan ftabelsebesar  3,95 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000.

References

Abigael (2018). Pengaruh brand trust terhadap niat konsumen untuk menggunakan e-money sakuku dan t-cash ; Bandung.

Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta ; Bandung.

Ar-robi, Muhammad Ridho (2015). Analisis tingkat kepuasan dan performa pada merchant ovo di Surabaya ; Surabaya.

Deka, Rio Era (2019). Pengaruh brand association dan brand awareness terhadap brand loyality melalui brand trust pada start up fintech ovo ; Malang.

Erik Sudarso (2016). Kualitas Layanan, Nilai fungsional, Nilai emosional dan Kepuasan konsumen ; Singkawang.

Fandiyanto, Reandika (2019). Pengaruh kepercayaan merk dan citra merk terhadap minat beli ulang kopi toraja di coffe josh Situbondo ; Situbondo.

Kartika , Trecya Gita, Darmansyah, dan Anwar, Syaiful (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Konsumen dan Pengetahuan Tentang Media Sosial Internet Terhadap Minat Beli Konsumen Online ; Bengkulu.

Khafiyah, Norita Nadya (2019). Pengaruh persepsi mahasiswa mengenai uang elektronik terhadap minat menggunakan aplikasi ovo ; Jakarta.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian, Penerbit Alfabeta ; Bandung.

Supriyono, (2010). Kepercayaan dan Minat Beli di SUB Forum jual beli www.kaskus.us. Surabaya.

Yulianta, Naili , dan Agung Budiatmo (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Siliwangi Semarang ; Semarang.

Wuryani, E., Fathoni, A., Sutarsi, S., Nurna, N., & Arif, D. (2021). Analysis of decision support system on situational leadership styles on work motivation and em- ployee performance. 11. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.9.033

Downloads

Published

2020-10-19

Issue

Section

Articles