PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PIZZA HUT

Authors

  • Susana Maharani Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.548

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mencari tahu pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada Pizza Hut Delivery Larangan Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada Pizza Hut Delivery Larangan Kabupaten Sidoarjo dengan populasi yang jumlahnya 57 orang dalam seminggu, sehingga menggunakan sampel sebanyak 50 responden. Metode pengumutan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data memakai Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20.1 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini diperoleh bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini dilihat dari nilai thitung 3,667 > ttabel 2,0129 serta nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dilihat dari nilai thitung 2,644 > ttabel 2,0129 serta nilai signifikansi sebesar 0,011 < 0,05. Sedangkan persepsi harga tidak terdapat pengaruh pada keputusan pembelian. Hasil uji F memperoleh nilai Fhitung 34,986 > Ftabel 2,81 dan signifikansi sebesar 0,05 > 0,000. Maka hal ini disimpulkan bahwa secara bersama-sama variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, persepsi harga berpengaruh pada variabel keputusan pembelian. Serta memperoleh hasil koefisien determinasi (R2) sebanyak 0,695. Artinya ketiga variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, persepsi harga secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 69,5% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 30,5 % merupakan kontribusi (sumbangsih) variabel lainnya yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Kata kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian.

References

Adinugraha, Andreas Tanuel & Stefanus Michael H. 2015. Analisa Pengaruh Kualitas Makanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen D’Cost Surabaya. Surabaya: Universitas Kristen Petra

Apriyani, Yesi. 2013. Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pizza Hut Di Kota Padang. Padang: Universitas Negeri Padang

Chandra, Andres Prijaya dan Thomas Santoso. 2019. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di

Outlet Mini Melts Surabaya. Surabaya: Universitas Kristen Petra

Djatmike, Renyta. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen UKM Kerudung PASMIRA di Gresik). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Ekasari, Ratna. 2018. Pengaruh Lokasi, Inovasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Kebun Coklat Café & Resto Di Balongbendo Kab. Sidoarjo. Sidoarjo: Universitas Maarif Hasyim Latif

Hasan, Ali. 2013. Marketing Dan KasusKasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS

Khakim, Lukman, Azis Fathoni dan Maria M Minarsih. 2014. Pengaruh KualitasPelayanan, Harga dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pizza Hut Cabang Simpang Lima. Universitas Pandanaran Semarang. Jurnal EMBA Vol 1, No 2, 2014 hal 135-139

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Limakrisna, Nandan dan Togi Parulian Purba. 2017. Manajemen Pemasaran Teori Dan Aplikasi Dalam Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta: Mitra Wacana Media

Ma’arif, Nelly Nailatie. 2008. The Power of Marketing; Practitioner Perspective in Asia. Jakarta: Salemba Empat

Prihatini, Chanifah Widha. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Warung Ikan Bakar Seafood Genteng Besar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2020-01-24