ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH DI BANK BCA

Authors

  • Verro Bellasaputri Universitas Maarif Hasyim Latif, Sidoarjo
  • Donny Arif Universitas Maarif Hasyim Latif, Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v4i2.1852

Keywords:

Kualitas pelayanan, Kepuasan konsumen, Loyalitas pelanggan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah di kantor pusat Bank BCA Sidoarjo. Survei ini mencakup seluruh nasabah kantor pusat Bank BCA dengan mengambil populasi 200 respondennya menggunakan metode pengambilan sampel yang ditargetkan. Ukuran sampel dianggap cukup untuk mewakili seluruh populasi. Metode yang digunakan bagian dalam analisis ini adalah deskriptif dan kualitatif. Berdasarkan hasil survei tersebut, tangible mendukung kepuasan konsumen yang tinggi terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh Bank BCA KCU Sidoarjo. Ini sangat jelas berkat kesopanan staf, komunikasi antara staf dan pelanggan sangat jelas dan keamanan sudah sangat baik, ruang tunggunya bersih dan nyaman, kualitas layanan dan tingkat kepuasan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Selalu memeriksa kebutuhan semua pelanggan, memberikan layanan informasi yang jelas, puas dengan sikap staf yang bertugas, dan memiliki lebih banyak akses ke pelanggan. Mudah, nyaman, dan membuat pelanggan merasa senang .

References

Abarca, R. M. (2021). Pengertian Kepuasan Pelanggan. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.

Griffin (2002:4), (Dalam Hurriyati, 2010, hal. 128). (2005). Loyalitas dicirikan sebagai pembelian yang tidak langka yang dikomunikasikan dari waktu ke waktu oleh beberapa pengambil keputusan. 28-47.

Iskandar, D. & Nasution, M.I.B. (2019). Lazada Online Shop SNK © 2019 Menganalisis Dampak Kepercayaan, Keamanan, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan PembelianPublished by UMSU (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). Jurnal Kewirausahaan, 1(1), 128–137.

ukuh Familiar, I.M. (2015). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Jurnal Analisis Manajemen, 4(4), 348-354. https://doi.org/10.15294/maj.v4i4.8888

Sudarno S, Rusgiyono A, Hoyi A, Listifadah L (2012). Analisis kualitas layanan dan manajemen kualitas layanan berdasarkan persepsi pengunjung. Statistik Media, 4(1), 33-45. https://doi.org/10.14710/medstat.4.1.33-45

Downloads

Published

2022-08-19

Issue

Section

Articles