PENGARUH KOMPENSASI, MOTIVASI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN: STUDI PADA DINAS KESEHATAN KABUPATEN JOMBANG

Lailatus Sa’adah, Ita Rahmawati, Devi Aprilia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini membahas kompensasi, motivasi dan disiplin kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada dinas kesehatan kabupaten jombang. Metode yang di gunakan yaitu dengan menggunakan metode korelasional adalah penelitian yang di maksudkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua atau beberapa variabel. Penelitian ini dilakukan di Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. Teknik pengambilan data yang di lakukan menggunakan pengambilan data kuisioner. Sampel yang digunakan terdiri dari 83 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel  probability sampling, sumber data primer menggunakan wawancara, kuesioner dan observasi. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yaitu kompensasi, motivasi dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil uji koefisien korelasi  menunjukkan bahwa  ketiga variabel bebas yaitu kompesasi, motivasi dan disiplin kerja mempunyai hubungan yang sangat kuat terhadap kepuasan kerja karyawan. sedangkan hasil uji koefisien determinasi  menunjukkan bahwa kepuasan kerja pada dinas kesehatan kabupaten jombang dipengaruhi oleh kompensasi, motivasi dan disiplin kerja dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

 

Kata kunci : kompensasi, motivasi,  dan disiplin kerja karyawan


Keywords


kompensasi, motivasi, dan disiplin kerja karyawan

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, Ardiansyah, Syahrum Agung, and Muhamad Azis Firdaus. 2020. “Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan.” Manager : Jurnal Ilmu Manajemen 3(4):459. doi: 10.32832/manager.v3i4.3915.

Ashyari, Imam. 2021. “( Studi Kasus PT . Narendra Dewa Yoga Bengkulu ) Imam Ashyari Universitas Muhammadiyah Bengkulu.” Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS) 2(2):322–37.

Azhar, Muhammad Elfi, Deissya Utami Nurdin, and Yudi Siswadi. 2020. “Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan.” Jurnal Humaniora 4(1):46–60.

Fahmi, Irham. 2017. ManajemenSumberDayaManusiaTeori Dan Aplikasi. Alfabeta. Bandung.

Hasibuan Malayu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT.BumiAksara. Jakarta.

Lim, Hadinata Saputra. 2017. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Badan Pengelola Keuangan Dan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):21–25.

Nawawi, Hadari. 2016. ManajemenSumberDayaManusiaUntukBisnis Yang Kompetitif. Gadjah Mada University Press; Yogyakarta.

Prassetiawan, Areis, and Dian Triyani. 2019. “Pengaruh Motivasi, Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada Cv Enggal Jaya Semarang).” Solusi 16(4):43–58. doi: 10.26623/slsi.v16i4.1667.

Rangel Sousa Simoes, Sebastiao Costa, Gde Riana, and Made Subudi. 2017. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Diri Terhadap Kepuasan Dan Kinerja Karyawan Kantor Kabupaten Ainaro Timor Leste.” E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 10:3463. doi: 10.24843/eeb.2017.v06.i10.p01.

Sa’adah, Lailatus. 2019. Analisis Data StatistikDenganAplikasi SPSS 26 Dan Eviews 10. LPPM Universitas KH. A. WAhab Hasbullah.

Sedarmayanti. 2017. Perencanaan Dan PengembanganSumberDayaManusia. PT. RefikaAditama. Bandung.

Sondang P siagian. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Binaputra Aksara, Jakarta.

Sugiyono. n.d. MetodePenelitianKuantitatif , Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Suharsismi Arikunto. n.d. ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik. Rinekacipta, Jakarta.

Sutrisno, Edi. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta, Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/iej.v4i1.1665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Supporting by:

      

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.