PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN DI E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA UMAHA

Adelia Okta Harianto, Nikma Yucha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh digital marketing dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan di e-commerce Shopee pada mahasiswa UMAHA. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi manajemen angkatan 2017 fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Maarif Hasyim Latif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 30 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda sebagai teknik analisis data, dengan menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan digital marketing dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Digital marketing dan promosi penjualan berkontribusi sebesar 82,8% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya 17,2% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.


Keywords


Digital Marketing, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian, E-Commerce

Full Text:

PDF

References


INOVASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KEBUN COKLAT CAFE & RESTO DI BALONGBENDO KAB. SIDOARJO Loyalitas Konsumen. 1(1), 25–29.

iPriceInsights. (2020). Peta E-Commerce Indonesia. Iprice.Co.Id. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Kurnianingsih, W., & Sugiyanto. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Distro Screamous Bandung. Skripsi Respositari, 136(1), 510–524.

Nurcahyo, A. (2018). Peran Digital Marketing dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Berlangganan Indihome. RELEVANCE : Journal of Management and Business, 1(1), 15. https://doi.org/10.22515/relevance.v1i1.1270

Yunarko, A. M. (2020). Beralih ke e-Commerce, Penjualan Produk Kesehatan dan Kecantikan Meningkat 10 Kali Lipat Pada Kampanye 9.9 | Jet Commerce. Jet Commerce. https://jetcommerce.co.id/update/beralih-ke-ecommerce-penjualan-produk-kesehatan-dan-kecantikan-meningkat-10-kali-lipat-pada-kampanye-9-9




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/iej.v4i1.1663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Supporting by:

      

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.