ANALISIS IKLAN, PERSEPSI HARGA, PELAYANAN PENJUALAN, DAN KONSISTENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN HONDA

Authors

  • Sely Maulana Azaria Universitas Maarif Hasyim Latif, Sidoarjo
  • Rezki Aulia Pramudita Universitas Maarif Hasyim Latif, Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v4i1.1586

Keywords:

Iklan, Harga, Pelayanan, Konsistensi, Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Iklan, Persepsi Harga, Pelayanan Penjualan, dan Konsistensi Konsumen Terhadap Pembelian Motor Honda. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Manajemen di Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo dengan populasi sebesar 100 orang. Metode pengambilan sampel melalui sampling jenuh yang artinya seluruh mahasiswa dijadikan sampel, yang menggunakan sepeda motor Honda sebesar 34 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 20.Menurut hasil analisis data yang diterima bahwa semua variabel yang diteliti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Ini dibuktikan dengan variabel hubungan iklan mempunyai nilai t hitung sebesar 2,765 > t tabel 2,4523. Sehingga Ha diterima. Variabel persepsi harga mempunyai nilai t hitung sebesar 4,402 > t tabel 2,4523. Sehingga Ha diterima. Variabel pelayanan purna jual memiliki nilai t hitung sebesar 4,434 > t tabel 2,4523. Sehingga Ha diterima. Variabel konsistensi konsumen memiliki nilai t hitung sebesar 6,709 > t tabel 2,4523. Sehingga Ha diterima. nilai f hitung sebesar 11,807 lebih besar dari f tabel sebesar 2,69. Hal ini menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif antara hubungan iklan, persepsi harga, pelayanan purna jual, dan konsistensi konsumen secara bersama sama terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,620 yang artinya bahwa keempat variabel independen mempunyai pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 62%.

References

Ekasari, Ratna, Wulan Purnamasari, Mukti Ali.(2018). Pengaruh Iklan, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian BBM di SPBU COCO 51.601.108 Mastrip Surabaya. Jurnal Ecopreneur Fakultas Ekonomi , 2.

Fatmawati, Nurul dan Soliha, Euis. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic "Honda". Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 10 No 1 , 5.

Iswari, Makhfida dan Huda, Nuril. (2016). Analisis Layanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Pelanggan Alat Berat Kobelco Cabang Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, vol. 4, nomor 2 , 106.

Marlius, Doni. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasaran PT.Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi, Vol. 01,No 01 , 57.

Murti, Baskoro Ndaru. (2014). Analisis Pengaruh Iklan dan Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek Dalam Meningkatkan Minat Beli Pada Produk Sepatu Olah Raga Adidas. semarang: universitas diponegoro.

Pardede, Ratlan, dan, Haryadi, Tarcicius Yudi. (2016). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Business & Applied Management Vol. 10 No 1 , 59.

Rosalina, Mela, Qomariyah, Nurul, dan Sari, Maheni Ika. (2019). Dampak Promosi, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Oppo Ssmartphone. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.

Sulistyo, Ndindit. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Pelayanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepeda Motor Honda Beat di Purworejo. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Wibawa, Komang Agus Ardi Ary; Kirya, I Ketut; Surendra, I Wayan;. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Iklan, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor. e-journal jurusan manajemen, vol 4 ,3.

Downloads

Published

2022-01-06