STRATEGI PENGEMBANGAN BUDIDAYA MAGGOT BSF SEBAGAI KETAHANAN PEREKONOMIAN DIMASA PANDEMI

Achmad Fathoni Rodli, Anita Mauliya Hanim

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya limbah sampah yang menumpuk di banyak daerah di Indonesia, khususnya sampah organik rumah tangga. Menumpuknya jumlah sampah disebabkan karena pengolahannya yang masih belum maksimal untuk mengurangi kapasitas jumlah sampah tersebut. Usaha budidaya maggot Bapak Bilal adalah cara yang terbukti efektif mampu mengurangi kapasitas jumlah sampah organik rumah tangga di desa beliau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari profil budidaya maggot di Kecamatan Karang Pilang, Menganalisis prospek pengembangan budidaya maggot dimasa pandemi covid, Menentukan strategi pengembangan budidaya yang sesuai dengan kondisi dan potensi di Kota Surabaya.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pembudidaya maggot di Kota Surabaya. Sampel dalam penelitian ini yaitu pembudidaya Maggot BSF Bapak Bilal di desa Kedurus kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya. Metode pengambilan sampel dengan teknik Accidental Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif-kualitatif, tanpa menggunakan teknik kuantitatif.

Bersadarkan hasil penelitian diketahui bahwa Strategi pengembangan kualitas produk yaitu Maggot diletakkan pada lingkungan teduh yang jauh dari cahaya matahari dan diberi pakan sampah organik segar dalam jumlah yang memadai dan tersedia secara teratur. sehingga mendapatkan hasil panen maggot yang bagus yang membuat konsumen menjadi puas terhadap kualitas maggot. Strategi penentuan harga. Harga maggot ditetapkan sesuai biaya pengeluaran yang telah dikeluarkan semasa dalam proses produksi dan menambahkan sesuatu prosentase ke dalam labanya untuk mendapatkan keuntungan. Strategi pemasaran, Lebih mengenalkan terhadap konsumen agar meningkatkan pendapatan atau profit yang lebih, memberikan pelayanan yang terbaik, menerapkan sistem jual dengan menjunjung tinggi kejujuran ketika menjelaskan maggot dengan keadaan yang sejujurnya, dengan sikap tersebut konsumen akan senang dan menyukai tempat budidaya ini.

 

Kata kunci: strategi pengembangan, budidaya maggot, sampah organik.


Keywords


strategi pengembangan, budidaya maggot, sampah organik.

Full Text:

PDF

References


Arwi, M. N. (2020). BUDIDAYA IKAN GURAMI ( Studi Kasus Usaha Budidaya Ikan Gurami “ Ar i fin Ikan ” Di Dusun Nusawaru Desa Jatijajar Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen ).

Djoni. (2017). Strategi Pengembangan Bisnis Ikan Hias Cupang ( Betta Sp) Di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat. Jurnal Juristek, 5(2), 1–6.

Fatmasari, Lisa. 2017. Tingkat Densitas Populasi, Bobot, Dan Panjang Maggot (Hermetia illucens) Pada Media Yang Berbeda. Lampung.

Febra, Robiyanto. 2004. Akuntansi Praktis untuk Usaha Kecil dan Menengah Studi Nusa, Semarang.

Lexy, Moleong. 2002. Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya,

MASLAKHAH. (2017). Peran Pemerintah dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689 1699. http://eprints.stainkudus.ac.id/841/6/6. BAB II.pdf

M, Husni. 2009. Manajemen Strategi, DIPA STAIN Kudus, Kudus,

Montolalu, P., & Raintung, M. C. (2018). Terhadap Keputusan Nasabah Pengguna Tabungan Emas Pada Pt . Pegadaian ( Persero ) Kanwil V Manado Analysis of Effect of Promotional Strategy , Brand Image and Perception on Decision of Usage Customer Given Customers At Pt . Pegadaian ( Persero ) Kanwil V. Jurnal EMBA, 6(3), 1808–1817.

Mulyadi, Nitisusastro. 2010. Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil, Alfabeta, Bandung.

Putri Wahyuni Arnold, Pinondang Nainggolan, & Darwin Damanik. (2020). Analisis Kelayakan Usaha dan Strategi Pengembangan Industri Kecil Tempe di Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari. Jurnal Ekuilnomi, 2(1), 29–39. https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v2i1.349

Rogério dos Santos Alves; Alex Soares de Souza, et all. (2014). Hakikat Pengembangan. Igarss 2014, 1, 1–5.

Sipayung, Pretty Yuniarti Elisabeth. 2015. “Pemanfaatan Larva Black Soldier Fly (Hermetia illucens) Sebagai Salah Satu Teknologi Reduksi Sampah di Daerah Perkotaan”. Surabaya

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta).

Tejo, Nurseto. 2004. Strategi Menumbuhkan Wirausaha Kecil Menengah yang Tangguh?, dalam Jurnal Ekonomi & Pendidikan Vol.1 No.1 februari




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/iej.v4i1.1584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Supporting by:

      

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.