POTENSI FILM PENDEK DI ERA INTERNET

Authors

  • Lulu Hendra Komara Pascasarjana Institut Seni Indonesia, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51804/ijsd.v3i2.998

Keywords:

film pendek, internet, video on demand

Abstract

Film pendek dalam kaitannya budaya sinema memberikan pengalaman yang berbeda ketika film pendek ditonton bersama-sama di ruang gelap dengan menggunakan layar besar. Pada era internet saat ini, film pendek memiliki banyak peluang untuk dapat di tampilkan pada khalayak. Film pendek sebagai produk karya seni bisa dengan mudah mendapatkan ruang untuk menampilkan karya filmnya.Penelitian ini membahas bagaimana potensi film pendek di era internet, melalui skema distribusi dan eksebisinya dengan tujuan untuk mengetahui potensi film pendek di Indonesia saat ini. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis observasi pada beberpa flatform streaming online yang ada di Indonesia, serta wawancara kepada program manager Yayasan Cipta Citra Indonesia. Dari hasil temuan yang didapat, film pendek tidak hanya hadir sebagai produk karya seni yang hanya diputar di ruang terbatas. Akan tetapi, dengan kehadiran berbagai flatform streaming online (GoPlay Indie, Genflix, Kinosaurus Virtual Cinema dan sebagainya) melalui layanan video berbasis permintaan (Video on Demand) memberikan kesempatan pada film pendek untuk ditayangkan ke khalayak luas dan memiliki peluang untuk mendapat keuntungan secara komersial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Prakosa, G. (2008). Film Pinggiran. Jakarta: FFTV- IKJ & YLP.

Prakosa, G. (2005). Film Pendek Independen Dalam Penilaian. Jakarta: Komite Film Dewan Kesenian Jakarta dan Yayasan Seni Visual Indonesia.

Prakosa, G. (2001). Ketika Film Pendek Bersosialisasi. Jakarta: Yayasan Layar Putih.

Gasella, S. (2020). Dinamika Distribusi Film di Era Platform Streaming yang Semakin Booming. Kumparan.Com https://kumparan.com/shandy-gasella/dinamika-distribusi-film-di-era-platform-streaming-yang-semakin-booming-1uNNDr45BCs

Johnson, J. (1975). Doing Field Research, Newyork: Free Press.

Lexy J. Meleong, (2010). Metode Penelitian Kualiatif. Bandung, Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Santana, Septiawan K., (2007). Menulis Ilmiah: Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Webb, E. J., Campbell D.T., Schwartz R.D., & Sechrest L., (1966) Unobtrusive Measures: Nonreactive Research In The Social Sciences. Chicago: Rand McNally.

Downloads

Published

2021-07-29

Issue

Section

Articles