PERANCANGAN COMPANY PROFILE SEBAGAI MEDIA PROMOSI CV. BAROTEK

Authors

  • Karina Fatimah Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ijsd.v2i1.607

Keywords:

Company Profile, Media, Promosi

Abstract

CV. Barotek merupakan salah satu perusahaan jasa konstruksi yang bergerak di bidang kontraktor meliputi mechanical, electrical, general supplier dan kalibrasi. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi tentunya perlu melakukan promosi, mengingat persaingan di bidang jasa konstruksi terus meningkat. Perancangan ini bertujuan untuk merancang media promosi dalam bentuk buku company profile yang berisi mengenai informasi tentang perusahaan yang dapat memperkenalkan jasa yang ditawarkan perusahaan kepada masyarakat. Metode perancangan ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan penelitian berbasis praktik (Practice Based Research). Metode pengumpulan data terdiri dari data primer dan data sekunder. Dari data tersebut selanjutnya di analisis menggunakan analisis SWOT untuk menentukan konsep perancangan. Konsep yang ditampilkan yaitu sederhana dan modern sesuai dengan target audience perusahaan. Pada tahap perancangan menjelaskan langkah yang dilakukan dalam perancangan meliputi strategi kreatif, strategi visual dan strategi media. Hasil dari perancangan ini, berupa karya buku company profile serta media pendukung. Diharapkan dapat dimanfaatkan perusahaan sebagai media dalam memperkenalkan CV. Barotek kepada masyarakat.

CV. Barotek is one of the construction service companies engaged in the contracting sector including mechanical, electrical, general supplier and calibration. Companies engaged in construction services certainly need to do promotions, given the competition in the field of construction services continues to increase. This design aims to design promotional media in the form of a company profile book that contains information about the company that can introduce the services offered by the company to the public. This design method uses qualitative methods through a practice-based research approach. Data collection methods consist of primary data and secondary data. From this data, it is then analyzed using SWOT analysis to determine the design concept. The concept shown is simple and modern according to the company's target audience. At the design stage explains the steps taken in the design include creative strategy, visual strategy and media strategy. The results of this design, in the form of company profile books and supporting media. It is expected that the company can be utilized as a medium in introducing CV. Barotek to the community. Besides this promotional media can be useful for companies as a material consideration in establishing cooperation with other companies.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustrijanto, (2001). Copywrting, Seni Mengasah Kreatifitas dan Memahami bahasa Iklan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Astriyani, Erna, dkk. (Agustus 2016), “Media video company profile sebagai sarana informasi dan promosi di PT. Surya Toto Indonesia, Kabupaten Tanggerang”, Volume 2. (204-215), STMIK, Tangerang.

Badan Pusat Statistik “Banyaknya Perusahaan Konstruksi Menurut Provinsi dan Skala Perusahaan, 2010 – 2018” diambil dari (https://www.bps.go.id/dynamictable/2015/09/19/920/jumlah-perusahaan-konstruksi-menurut-provinsi-dan-jenis-golongan-perusahaan-2000---2016.html). di akses tanggal 10 Mei 2019 pukul 19:45.

Ernawati. (Juni 2019), “Analisis tanda pada karya desain komunikasi visual”, Art and Design Jounal, volume 2, nomor 1, (27-34), Universitas Maarif Hasyim Latif, Sidoarjo.

Fitriyanti, Dewi Ambar. (Maret 2016), “Perancangan company profile dan media promosi Pariwisata Pabrik Gula Cepiring Kabupaten Kendal”, Jurnal Visual, Volume 4, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Guntur. (2016). Metode Penelitian Artistik. Surakarta : ISI Press.

Jayadi, I., Nadapdap, R. M. S. (2016), “Perancangan media promosi dalam bentuk booklet sebagai sarana iklan media cetak produk terhadap tingkat ketertarikan pelanggan pada PT. Prima Mitra Setia Sejati”, Institut Bisnis dan Multimedia Asmi, Jakarta.

John, W. Creswell, (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kriyantono, Rachmat. (2008). Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta : Kencana.

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Liem, Robson, dkk (2015), “Perancangan buku company profile sebagai media promosi Vegas Conceptual Show”, Jurnal DKV Adiwarna, Volume 2, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi : Serba Ada Serba Makna. Jakarta : Kencana.

Maimunah, dkk (Mei 2012), “Media company profile sebagai sarana penunjang informasi dan promosi”, Jurnal CCIT, Vol 5, (281-301), STMIK Raharja, Tangerang.

Morrisan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Prenada Media Group.

Nova, Firsan, (2009). Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta : Grasindo.

Pujiriyanto. (2005). Desain Grafis Komputer (Teori Grafis Komputer). Yogyakarta : Andi.

Rustan, Surianto. (2009). Layout Dasar & Penerapannya. Jakarta : Gramedia.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. (2005). Dasar-Dasar Tata Rupa & Desain (Nirmana). Yogyakarta : Arti Bumi Intaran.

Suchari, Agus & Sunarya, Yan. (2000). Pengantar Tinjauan Desain. ITB.

Sutopo, Ariesto Hadi. (2002). Analisis dan Desain Beorientasi Objek. Yogyakarta: J&J Learning.

Wijaya, P. Y. (Januari 1999), “Tipografi dalam desain komunikasi visual”. Jurnal Nirmana, Vol 1,(47-54), Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Downloads

Published

2020-02-14