KAJIAN PENGALAMAN ESTETIS PENGUNJUNG PADA RUANG INTERIOR VIA-VIA CAFÉ YOGYAKARTA

Authors

  • Fitriyani Arifin Institut Seni Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51804/ijsd.v1i1.421

Keywords:

Pengalaman estetis, Pengunjung cafe, Via-via Cafe

Abstract

Isu ini berangkat dari mulai bermunculannya ruang interior publik yang menggunakan material bekas sebagai pembentuk ruang yaitu Via-via Cafe, yang merupakan suatu tempat dimana orang-orang bisa melakukan aktivitas apa saja selain makan dan minum. Dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung Café, pengunjung mendapatkan pengalaman estetis ketika berada di Café tersebut.  Penelitian ini akan membahas mengenai bagaimana pengalaman estetis pengunjung ketika berada di ruang Via-via Café Yogyakarta, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan mengamati objek secara langsung. Dari hasil temuan yang didapat, pengalaman estetis tersebut didapat dari persepsi inderawi, emosi (perasaan), psikologis, imajinasi, pemahaman pengunjung terhadap konsep ruang Café, dan juga dari tujuan pengunjung untuk mengunjungi Café.

This issue departs from the emergence of public interior spaces that use used materials as forming spaces, namely Via-via Cafe, which is a place where people can do any activity other than eating and drinking. With the many activities carried out by Café visitors, visitors get an aesthetic experience while at the Café. This study will discuss the aesthetic experience of visitors when in the Via-via Café Yogyakarta room, using qualitative descriptive methods, and observe objects directly. From the results obtained, the aesthetic experience is derived from sensory perception, emotions (feelings), psychological, imagination, understanding of visitors to the concept of Café space, and also from the visitors' purpose to visit the Café.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barry, B., & Evans, J. (1997). Marketing, Seventh edition. New Jersey: Prentice Hall.inc.

Ching, F. D. K., & Binggeli, C. (2011). Desain interior dengan ilustrasi (2nd ed.). Jakarta: PT Indeks.

Martino, D. N. (2010). Persepsi Visual Wisatawan Asing pada interior Via-via Café dan K-Meal’s Resto di jalan Prawirotaman dan Tirtodipuran Yogyakarta. Ornamen, 2(2), 71–82.

Sriti, M. S. (2005). Implementasi Pengalaman Ruang dalam Desain Interior. Dimensi Interior, 3(2), 165–176.

Yeremias, J. (2014). Dari Pengalaman Estetis ke Sikap estetis dan Etis. Melintas, 30(1), 22–44.

Yusita, K. (2003). Ruang sebagai Media Ekspresi dan Apresiasi. Dimensi Interior2, 1(1), 29–45.

Downloads

Published

2019-07-13

Issue

Section

Articles