Estetika Dalam Lokalitas Desain Di Kota Yogyakarta dan Sekitarnya

Authors

  • Hamim Najib Fahmi Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51804/ijsd.v4i2.1818

Keywords:

Desain, Informasi, Jalan, Penanda

Abstract

Penanda arah merupakan suatu hal yang penting dalam menemukan sejumlah informasi. Tanpa adanya tanda maka khalayak akan merasakan kesulitan menemukan informasi. Keberadaan fisik tanda di kota Yogyakarta dan sekitar sudah merajalela di area jalanan namun tidak banyak orang dapat menjumpai khususnya di area jalan kecil sehingga masyarakat lokal pun ikut dalam mengadakan desain penanda di area yang belum banyak dijumpai. Oleh karenanya terdapat kebutuhan khusus mengenai informasi yang ada pada tanda/ simbol di mana di dalamnya menayangkan informasi pesan, bentuk, serta penyajian yang beragam berkaitan dengan standarisasi desain. Fokus penelitian ini ada pada estetika lokalitas desain di kawasan kota Yogyakarta dan sekitar. Selain menonjolkan unsur estetika tidak lain bertujuan untuk mempersuasi khalayak. Di sisi lain untuk mengetahui estetika dalam desain berhubungan dengan kode etnik/ tradisi, nilai simbolik, dan penghayatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan dilakukan dengan tahapan studi lapangan/ observasi, studi pustaka dan analisa teori pada tanda sign. Hasil temuan didapatkan keseluruhan tanda visual dan verbal berkaitan dengan tanda dan simbol di jalanan yang bertujuan sebagai petanda informasi. Lokalitas desain di kota Yogyakarta perlu ditinjau lebih dalam untuk diperoleh pengetahuan yang luas terkait bentuk, warna, pesan, dan tujuannya. Diharapkan penelitian ini dapat berkontribusi untuk masyarakat luas untuk mengenal lokalitas desain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arievta, Delana. 2015. Tanda-tanda Tanda, http://kompasiana.com/delllana/tanda-tanda_564c2ada747e61c412f4d7ee/, diakses 2 Desember 2021, pukul 16:00 WIB.

Frascara, J. 2004. Communication Design: Principles, Method, and Practice. New York. Allworth Press.

Krisbudiman. 2004. Semiotika Visual. Yogyakarta: Buku Baik.

Kusrianto, Adi. 2010. Pengantar Tipografi. PT Elex Media Komputindo.

Rohmatun, Meily. 2017. Bukan Hanya Jadi Penanda Tempat Hajatan, Ini Makna Filosofis di Balik Janur Kuning Pernikahan. http://hipwee.com/wedding/bukanhanya-jadi-penanda-tempat-hajatan-inilah-makna-filosofis-dibalik-janur-kuning-pernikahan/, diakses 1 Januari 2022, pukul 8:45 WIB.

Sachari, Agus. 2002. Estetika Makna Simbol dan Daya. Bandung: ITB.

Santosa, Sigit. 2009. Creative Advertising. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2010. Nirmana Dasar-dasar Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.

Tinarbuko, Sumbo: 2008: Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Whitbread, David. 2009. The Design Manual: Australia: UNSW Press Book.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles