Perancangan Puzzle Untuk Menanamkan Nilai Kebhinekaan Pada Anak Usia 6-10 Tahun

Authors

  • I Putu Giri Sadhana Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51804/ijsd.v4i2.1715

Keywords:

Anak Usia 6 -10 tahun, Nilai Kebhinekaan, Puzzle

Abstract

Belakangan ini, isu intoleransi gencar diperbincangkan oleh berbagai kalangan. Bahkan kemunculan sikap ini sebagai bagian dari ideologi para pemikirnya. Menyikapi persoalan ini, ternyata bisa dilakukan dengan menanamkan nilai kebhinekaan sejak dini. Menggunakan media yang ramah anak, yakni puzzle kebhinekaan Metode yang digunakan dalam perancangan ialah metode Design Thinking oleh Tim Brown, yang terdiri dari Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Perancangan ini mempunyai tujuan untuk membantu memberikan solusi dalam desain komunikasi visual terkait tentang pembelajaran pendidikan karakter kebhinekaan kepada anak usia 6-10 tahun. Hasil perancangan menunjukkan bahwa terdapat 5 sketsa dalam puzzle untuk nilai kebhinekaan. Masing-masing sketsa menunjukkan penerapan dari nilai-nilai setiap sila. Manfaatnya ialah memberikan informasi mengenai karakter kebhinekaan serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus sebagai acuan referensi untuk perancangan serupa di lain hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, F. (2017). Merawat Kebhinekaan Indonesia Sejak Usia Dini. https://alpha-i.or.id/kabar-alpha-i/merawat-kebhinekaan-indonesia-sejak-usia-dini/

Afifudin. (2021). Perancangan Komunikasi Visual Daur Ulang Sampah Plastik Menggunakan Teknik Molding dari Aktivitas Pendakian Gunung. INVENSI (Jurnal Penciptaan Dan Pengkajian Seni), 6(1), 25–39. https://doi.org/10.24821/invensi.v6i1.5340

Brenner, W., & Uebernickel, F. (2016). Design Thinking For Innovation: Research And Practice. Design Thinking for Innovation: Research and Practice, 1–219. https://doi.org/10.1007/978-3-319-26100-3

Brown, Tim. 2009. Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation. Harper Collins Publisher.

Fakta, T. C. (2018). Klarifikasi Lengkap Pemotongan Nisan Salib di Makam Kotagede Yogyakarta. https://regional.kompas.com/read/2018/12/21/08565691/klarifikasi-lengkap-pemotongan-nisan-salib-di-makam-kotagede-yogyakarta?page=all

Lazuardi, M. L., & Sukoco, I. (2019). Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.35138/organum.v2i1.51

Matraji, U. (2017). Mewaspadai Wabah Intoleransi di Sekolah. https://news.detik.com/kolom/d-3520475/mewaspadai-wabah-intoleransi-di-sekolah

Nisak, Raisatun. 2011. Lebih Dari 50 Game Kreatif Untuk Aktivitas Belajar –Mengajar. Jogjakarta: Diva Press

Oebadillah, S. (2017). Jangan Tularkan Intoleransi ke Anak-Anak. mediaindonesia.com. https://mediaindonesia.com/humaniora/98521/jangan-tularkan-intoleransi-ke-anak-anak

Pertana, P. R. (2018). 9 Orang yang Diciduk Terkait Pembubaran Sedekah Laut Dipulangkan. news.detik.com.

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4257167/9-orang-yang-diciduk-terkait-pembubaran-sedekah-laut-dipulangkan

Yaumi Muammad. 2014. Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Grup

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles