Perancangan Visual Branding Wisata Candi Pari Sebagai Promosi Cagar Budaya

Authors

  • Rijbi Amien Nur Iiman Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Rizka Rahma Amalia Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ijsd.v6i1.16498

Keywords:

Visual Branding, Candi Pari, Sign System

Abstract

Candi Pari  merupakan bangunan warisan sejarah dari kerajaan majapahit, berlokasi di Desa Candi Pari, kecamatan Porong, kabupaten Sidoarjo.Yang memeperkenalkan bukti sejarah di sidoarjo sebagai peninggalan dari kerajaan majapahit yang dadulu sempat berkuasa di tanah jawa.Ditempat ini juga digunakan sebagai wisata edukasi dan pariwisata dimana tempat ini memiliki beberapa keunikan dan memiliki ciri khas dari bangunan candi pari. Metode dalam perancangan ini menggunakan metode kualitatif dan dengan menggunakan model analisis interaktif yang mana dengan menggunakan metode dan perancangan ini maka peneliti akan mudah mencari data dan menyimpulkan hasil yang baik dalam setiap pengerjaan karya di buatnya. Peneliti menemukan bahwa Wisata Candi Pari tidak memiliki sign sumber petunjuk dari lokasi objek candi Pari dan identitas visual yang dapat menggambarkan potensi atau kekayaan nilai sejarah di wisata ini. Dalam desain ini, peneliti akan fokus pada proses desain logo. Tujuannya untuk melakukan visual branding Wisata Candi Pari guna memperkenalkan kepada masayrakat. Selainlogo sebagai brand identitas, menciptakan juga desain sign system sebagai media utama dari perancangan. Guna menunjang media utama  ada juga media pendukung promosi kreatif sebagai upaya dalam menambah daya tarik masyarakat terhadap situs Candi Pari sebagai warisan sejarah dan memperkenalkan tempat kawasan Candi Pari

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, M. S., Setyanto, D. W., & Yanuarsari, D. H. (2014). Perancangan Visual Branding Kabupaten Kudus Sebagai Upaya Promosi Kabupaten. Desain Komunikasi Visual, 1(5), 13.

Creswell, J. W. (2016). Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (Terjemahan).

Ernawati, E. (2020). Psikologis Dalam Seni: Katarsis Sebagai Representasi Dalam Karya Seni Rupa. DESKOVI: Art and Design Journal, 2(2), 105–112.

Fanani, Z., Bahruddin, M., Yuan, D., Temple, P., Penataran, C., & Palah, C. (2016). Perancangan Branding Candi Palah Penataran Blitar Berbasis Sejarah Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat. 5(2).

Hahn, F. F. (2002). beriklan dan berpromosi sendiri.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. In Pengantar Desain Komunikasi Visual.

Rustan, S. (2009). Mendesain Logo.

Sari, D. O., & Pamungkas, Y. H. (2017). ANASIR-ANASIR AKULTURASI PADA CANDI PARI AVATARA , e-Journal Pendidikan Sejarah. 5(2), 392–401.

Sihombing, D. (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis.

Downloads

Published

2024-01-30