Perancangan Maskot Sebagai Identitas Pariwisata Simeulue

Authors

  • Rain Nauli Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Fentisari Desti Sucipto Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Rino Yuda Institut Seni Budaya Indonesia Aceh

DOI:

https://doi.org/10.51804/ijsd.v6i1.16497

Keywords:

Kabupaten Simeulue, Pariwisata, Maskot, Design Thinking

Abstract

Kabupten Simeulue merupakan salah satu daerah kepulauan yang memiliki beragam keindahan alam yang masih terjaga. Keindahan alam ini menjadi aset penting bagi daerah dalam mempromosikan citra daerah yang lebih baik. Keragaman budaya dan bahasa juga menjadi suatu daya tarik yang tidak kalah hebat. Kehidupan masyarakat yang sederhana, bertika, dan memiliki nilai-nilai moral yang tinggi menjadikan Kabupaten Simeulue sebagai salah satu daerah yang spesial. Dalam membangun dan menjaga kelestarian kekayaan alam yang dimiliki perlu adanya suatu bentuk branding agar bisa memberikan informasi mengenai Kabupaten Simeulue dengan cara yang lebih modern. Bentuk branding yang tepat ialah maskot. Maskot Kabupaten Simeulue yang cocok untuk ditampilkan adalah komoditi yang dimiliki Kabupaten Simeulue, salah satunya adalah lobster. Lobster merupakan komoditi yang dijaga dan dipelihara kearifannya sehingga menjadi satu bentuk promosi untuk citra Kabupaten Simeulue. Untuk merancang maskot yang tepat dalam mempromosikan Kabupaten Simeulue diperlukan data-data yang kuat mengenai pariwisata, budaya, dan juga nilai-nilai yang dimiliki kehidupan masyarakat Kabupaten Simeulue. Dengan adanya komoditi dan mengangkat nilai-nilai budaya, akan menghasilkan suatu branding yang mampu memperkenalkan kekayaan alam daerah, budaya, dan nilai-nilai kemasyarakatan yang dimiliki. Metode perancangan maskot untuk merancang maskot sebagai identitas pariwisata Kabupaten Simeulue menggunakan metode Design Thinking yang bisa mengumpulkan data, mengolah data, dan menerapkan data itu dalam perancangan sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki Kabupaten Simeulue. Design Thinking dibagi dalam 5 tahap yaitu, emphatize, define, ideate, prototype, dan test.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurul Wariyin Erzak, Mukhrijal, Afrijal. 2022. Strategi Pemerintah Kabupaten Simeulue Dalam Pengembangan Sektor Pariwisata Bahari.Universitas Syiah Kuala.

M.Lahandi Baskoro. Bayyinah Nurrul Haq.2020. Penerapan Metode Design Thinking Pada Mata Kuliah Desain Pengembangan Produk Pangan. 87. Unversitas Trilogi.

Dimas Kukuh Pradeno, Asep Kadarisman. 2019. Perancangan Identitas Visual Kawasan Wisata Sumber Karya Indah Tajur Katalumpa Bogor. 37282-3789.

Pemerintah Kabupaten Simeulue. simeuluekab.go.id. Diakses 17 Februari 2023. Dari https://simeuluekab.go.id/./Tanpa Penulis.

Rustan, Surianto. (2017). Mendesain Logo.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2024-01-30