Pelatihan Ilustrasi Digital Desain Karakter Papua Siswa Smk Negeri 8 Tik Jayapura

Authors

  • Hence Sahusilawane Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua
  • Putri Prabu Utami Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua
  • Nur Halisah Asaf Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua
  • Nasrulah Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua

DOI:

https://doi.org/10.51804/ijsd.v6i1.16495

Keywords:

budaya, ilustrasi digital, teknologi

Abstract

Pelatihan digital ilustrasi karakter Papua ini memiliki nilai pendidikan budaya yang sangat tinggi di era modern saat ini. Tujuan pelatihan untuk para siswa SMKN 8 TIK di Jayapura adalah untuk meningkatkan kemampuan atau skill individu saat menggunakan teknologi berbasis komputer sebagai media pembuatan ilustrasi digital dengan tetap melestarikan tradisi budaya daerah. Para siswa juga akan akan mendapatkan pengalaman baru dalam dunia seni digital. Perangkat lunak desain grafis terus berkembang dan fitur-fitur canggih terus muncul sehingga para siswa dapat menciptakan karya karakter Papua yang lebih kreatif. Dengan pemahaman dan penguasaan alat-alat digital, para siswa dapat menciptakan karya seni yang lebih menarik dan berkualitas. Pelatihan ilustrasi digital membuka daya kreativitas pada para siswa untuk dapat belajar menciptakan visual digital yang baik, mengeksplorasi berbagai gaya dan teknik dan menciptakan gaya desain baru, serta menggabungkan berbagai elemen untuk menghasilkan karya digital karakter Papua yang unik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Kusrianto, 2009. Fungsi Ilustrasi, Jakarta

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Guntara, M., Syakir, S., & Mujiyono, M. (2020). Perancangan Gambar Ilustrasi Personifikatif Teknik Digital Dan Penerapanya Pada Merchandise. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 9(2), 70-80.

Ken N Paige, 2004. Basic Function Ilustration

Sagala, Sofian. 2012. Menggambar Ilustrasi I. Universitas Negeri Medan: UNIMED Press.

Sagala, Sofian. 2014. Menggambar Ilustrasi 3. Universitas Negeri Medan: UNIMED Press.

Suwarno, Wiji. 2020. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Vinseus, Sitepu, 2005. Panduan mengenal Desain Grafis. Sumatra Utara

Wardana, dkk. 2015. Hubungan Kemampuan Menggambar Ilustrasi Secara Manual Dengan Kemampuan Menggambar Ilustrasi Secara Digital. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, 3 (3) 043-051.

Witabora, Jonata. 2012. Peran dan Perkembangan Ilustrasi. Jurnal Desain Komunikasi Visual, School of Design, 3 (2) 659-667.

Rachmadani, Nisa Putri, 2022, Pengembangan Keterampilan Cerita Bergambar Menggunakan Media Digital Untuk Murid SMPN 02 di Gampong Teureubeh, Jantho, Aceh Besar. https://ojs.unm.ac.id/sureq/article/view/42776

Wibowo, Sulistiyo, 2022. Pelatihan Pembuatan Ilustrasi Foto Digital dan Portfolio Berbasis Online Bagi Siswa-Siswi SMK IT AL Hidayah 2 Jakarta. https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/JPK/article/view/421

Downloads

Published

2024-01-30