PERANCANGAN BUKU DIGITAL TARI JARANAN SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN BUDAYA LOKAL KEDIRI

Authors

  • Riska Rahma Amalia Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Much Duchan Hidayat Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ijsd.v3i2.16471

Abstract

Indonesia adalah negara dengan banyak kebudayaan, salah satunya adalah tarian tradisional. Banyak cara untuk melestarikan tarian tradisional dengan menarik minat generasi muda, salah satunya adalah kisah tari tradisional tersebut dijadikan sebuah buku cerita. Salah satunya adalah dengan mengangkat kisah awal tari tradisional jaranan Kediri. Di zaman yang semakin maju, penggunaan gawai kian meningkat pesat, dengan memanfaatkan gawai maka pelestarian cerita rakyat lebih mudah diciptakan  sebuah komik dalam bentuk digital agar mudah membaca, mengakses dan menyebarkannya lebih muda.Untuk menciptakan buku digital, dilakukan metode kualitatif untuk mendapatkan sumber data. Metode kualitatif mudah menemukan hasil data yang sesuai dengan keinginan peneliti, karena dengan menjabarkannya secara rinci. Untuk mendapatkan data yang sesuai, dilakukan pengumpulan data dengan cara wawancara penari jaranan asal kediri, observasi di sekitar sanggar, dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data maka dilakukan analisis data, maka digunakannya analisis model interaktif untuk mendapatkan hasil memuaskan atau jenuh.dalam pembuatan buku digital mengenai awal kisah jaranan Kediri.Kemudahan dalam mengakses internet, memudahkan peneliti dalam menyebarkan buku digital Awal Kisah Jaranan Kediri ini. Setelah mengumpulkan data dan dilakukan analisis, peneliti menciptakan sebuah buku digital. Dalam penyebarannya, media pokok yang digunakan adalah dalam bentuk digital yang dapat disebarkan dan diakses dengan mudah, media pendukung buku digital Awal Kisah Jaranan Kediri ini diantaranya adalah dalam bentuk kaos, x-banner,  totebag, mug dan stiker. Dengan diciptakannya komik digital ini, peneliti atau perancang untuk kedepannya agar tergugah untuk menciptakan karya-karya lain dengan mengusung tema kebudayaan Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hermawan, H. (2018) ‘Metode Kualitatif untuk Riset Pariwisata’, Jurnal Komunikasi, p. 20.

Janottama, I.P.A., Ngurah, A. and Putraka, A. (2017) ‘Gaya dan Teknik Perancangan Ilustrasi Tokoh pada Cerita Rakyat Bali’, 5(November), pp. 25–31.

Makdis, N. (2020) ‘Penggunaan E-Book Pada Era Digital’, Al Maktabah, 19(1), p. 2020. Available at: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/21058.

Rohidi, T. R. (2011). Metodologi Penelitian Seni. Citra Prima.

Downloads

Published

2024-02-14

Issue

Section

Articles