FILM TANPA KEMUNCULAN KARAKTER MANUSIA: SEBUAH REFLEKSI ATAS KESEPIAN MANUSIA DI MASA PANDEMI

Edy Wibowo

Abstract

Penciptaan film dengan menghilangkan karakter manusia merupakan sebuah upaya untuk merespon situasi pandemi yang sedang berlangsung. Eksistensi manusia dalam film ini digantikan dengan set dan properti. Pemilihan set dan penataan properti menjadi cara bertutur untuk menyampaikan gagasan mengenai tiga fase perjalanan manusia yang digambarkan melalui penciptaan dunia yang dibangun di dalam rangkaian kereta api. Film Kenangan Manusia, mengusung gaya non-naratif dengan mengandalkan sinematografi ekspresif dan montase intelektual, membuat set dan properti di dalam film ini bekerja, menggiring penonton untuk menangkap ekspresi dan emosi tanpa dibantu kemunculan karakter manusia.

Keywords

film tanpa manusia; non naratif,set; properti; montase.

Full Text:

PDF

References

Bala ?zs, Be ?la. (1952), Theory of the Film: Character and Growth of a New Art, Arno Press, New York.

Bazin, Andre. (1967), What Is Cinema? 2 Volume, University of California Press, CA Berkeley.

Bordwell, D., Thompson, K., & Smith, J. (2019), Film art: An introduction, McGraw-Hill Education, United States (OH).

Corrigan, Timothy. Patricia White. (2012), The Film Experience: An Introduction third Edition, Palgrave Macmillian, Bedford.

Eisenstein, S. (1977), Film Form and The Film Sense, Harcourt, Brace World Inc, New York & London.

Permatasari, Anjani Nur. (2021, January 25), PT Inka Siapkan Gerbong Kereta untuk Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19, https://www.kompas.tv/article/140660/pt-inka-siapkan-gerbong-kereta-untuk-jadi-tempat-isolasi-pasien-covid-19.

Setyawan, Doni. (2021, April 15), Tingkatan Pada Candi Borobudur, https://www.donisetyawan.com/tingkatan-pada-candi-borobudur/.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.