PERANCANGAN INTERIOR CO-WORKING SPACE RADIO BUKU

Jusbaeni Jusbaeni

Abstract

Ruang komunal untuk mahasiswa tertuju kepada ruang-ruang publik kampus yang sering digunakan oleh mahasiswa untuk berinteraksi sosial. Disamping ruang komunal untuk kegiatan yang bersifat formal seperti ruang kuliah, juga terdapat ruang komunal atau co-working space untuk kegiatan yang bersifat informal seperti ruang parkir, selasar, hall, teras, taman, tangga yang digunakan mahasiswa untuk mengisi kegiatannya disela-sela perkuliahan. Co-working space Radio Buku adalah salah satu ruang publik yang dekat dan terlibat dalam kegiatan dan mewadahi aktivitas tersebut. Maka penting adanya perhatian untuk perancangan interior di tempat teresebut. Perancangan ini bertujuan mengatasi keterbatasan ruang dari hari ke hari yang menjadi kebutuhan di era milenial sekarang ini dengan menggunakan metode design thinking. Adapun hasil ideasi dan prototype yang dihasilkan dari proses metode tersebut adalah dengan pembagian zona dan taktisi ruangan. Dimana ada tiga zona. Zona 1 digunakan sebagai seminar, pameran, workshop dan acara. Zona 2 digunakan kegiatan diskusi terfokus atau semi private. Dan zona 3 sebagai ruang yang bersifat private. Selain itu, dari perancangan ini dapat pula diterapkan taktisi perluasan ruangan dengan proses penggabungan karena penggunaan sekat yang memisahkan ruang bersifat fleksibel.

Keywords

ruang kerja; ruang komunal; perancangan interior

Full Text:

PDF

References

Brown, Tim. (2009). Change by Design. New York, Harper Collins.

Dzati Utomo. (2011). Analisis Pemanfaatan Ruang yang Berwawasan Lingkungan di Kawasan Pesisir Kota Tegal. Jurnal Ilmu Lingkungan. 9(2): 51-55.

Kusumastuti, Ambar . (2014). Peran Komunitas dalam Interaksi Sosial remaja di Komunitas Angklung Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. 3-4.

Melisa Sylvia Ayu Megasari. Pengaruh Elemen-Elemen Desain Interior Terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan STIE PERBARNAS Surabaya.

Santoso, Heru. (2009). Persepsi Mahasiswa Terhadap Ruang Komunal Sebagai Tempat Interaksi Sosial. Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan: 10-15.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.