PERANCANGAN KOMIK KARAKTER TOLERANSI BUDAYA UNTUK ANAK USIA 7-12 TAHUN

Authors

  • Ajeng Tita Negoro Penciptaan Desain Komunikasi Visual, Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51804/ijsd.v4i1.1600

Keywords:

keberagaman budaya, komik, pendidikan karakter, toleransi.

Abstract

Indoensia diberkahi dengan keanekaragaman budaya dan diperlukannya sikap toleransi untuk menerima perbedaan tersebut. Perancangan dilatarbelakangi untuk mencegah potensi terjadinya intoleransi pada anak dengan menanamkan sikap toleransi pada nilai-nilai budaya di berbagai daerah melalui komik. Komik dianggap efektif sebagai media komunikasi visual karena mampu menyajikan materi secara ringan, lucu, tidak monoton, serta menarik perhatian dan minat baca anak untuk memahami nilai toleransi dalam menghargai perbedaan nilai-nilai budaya dari berbagai daerah. Metode penelitian yang digunakan yaitu Design Thinking dan analisis data menggunakan 5W+1H (What, Where, When, Why, Who dan How). Pengaplikasian media berupa buku komik dan media pendukung lain berupa poster, komik saku, pembatas buku dan stiker.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Coomans, Mikhail (1987). Manusia Dayak Dahulu, Sekarang, Masa Depan, Jakarta: PT Gramedia.

Dalmeri (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Jurnal Al-Ulum, Vol.14 Nomer 1, Juni 2014.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud). (2017). Penguatan Pendidikan Karakter jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). (2019). Rancangan Teknokratik: Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJMN) IV tahun 2020-2024. Versi 14 Agustus 2019.

Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). ISODEL 2021 Hasilkan Rekomendasi ICT Memperluas Nila-Nilai Budaya dan Pendidikan Karekter.

https://pusdatin.kemdikbud.go.id/isodel-2021-hasilkan-rekomendasi-ict-memperluas-nilai-nilai-budaya-dan-pendidikan-karakter/

Pusat Penelitian Kebijakan (Puslitjak). (2021). Menyemai Toleransi dalam Dunia Pendidikan. https://www.puslitjakdikbud.kemendikbud.go.id/berita/detail/3939/menyemai-toleransi-dalam-dunia-pendidikan

Thomas, Lickona (2012). Educating for Character: MEndidik untuk Membentuk KArakter, terj. Juma Wadu Wamaungu dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani, Jakarta: Bumi Aksara. (Original Work published 1991).

Yaumi, Muhammad (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi, Edisi Pertama, Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-01-31