ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN PADA LEMBAGA KURSUS XYZ

Nikma Yucha, Jenny AYu Eka Cahyani

Abstract


Selama masa pademi, Lembaga Kursus Kumon mengalami kendala dalam menentukan strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang digunakan saat ini belum efektif untuk menarik para konsumen, hal tersebut dibuktikan oleh tidak adanya perkembangan dalam jumlah siswa selama dua tahun terakhir. Hal ini dikarenakan, manejemen dari kumon sendiri belum mengetahui dari segi faktor internal maupun eksternal perusahaannya.  Dengan masalah yang ada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran dapat meningkatkan minat konsumen pada lembaga bimbingan belajar Kumon. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dikuantitatifkan. Pada penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, documenter, wawancara dan hasil kuesioner. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode SWOT. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang berhubungan dengan Kumon XYZ, meliputi karyawan, dan siswa yang sedang belajar sebagai konsumen. Dalam hal ini jumlah sampel yang menjadi responden adalah 82 orang. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat diperoleh nilai IFAS adalah 3,50 dan EFAS 3,18. Berdasarkan diagram SWOT posisi perusahaan berada di diversifikasi atau perusahaan sedang menghadapi ancaman namun masih memiliki kekuatan dari segi internalnya. Berdasarkan hasil tabel model kuantitatif rumusan strategi, strategi yang dominan yaitu Strategi S-T (strength dan threat), berupa menggunakan kekuatan untuk mengatasi ancaman dan strategi S-O (strength dan Opportunity), berupa menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang.


Full Text:

PDF

References


Aliyah, Zulfa. (2018). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Ekspor Kopi Arabika pada CV Yudi Putra. Medan.

Anwar, M. Y. (2017). Strategi pemasaran kancing kerang (shell button) melalui analisis swot pada PT. BNB International Bau-Bau Sulawesi Tenggara.

Kesehatan, K. (2019). Strategi Pemasaran Produk. ????, 8(5), 55.

Puspasari, A., & Rabia, P. (2020). S trategi penjualan sepatu dengan metode analisis swot di era pandemic covid-19 The shoe sales strategy uses the swot analysis method in the covid-19 pandemic era. Akuntabel, 17(2), 270–276.

Yucha & Harianto. (2021). Pengaruh Digital Marketing dan Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di E-Commerce Shopee pada Mahasiswa UMAHA. 4(1), 40–44.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/econ12.v5i1.1713


 Supporting by:

           

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.