Pemanfaatan Digital Marketing Dan E-Commerce Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Wak Jamil

Wulan Purnamasari, Kirey Dian Puspitarani

Abstract


Tujuan dari program pengabdian dan masyarakat ini ialah untuk membantu mitra UMKM dalam mengatasi permasalahan mitra untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan strategi pemasaran. Keterbatasan mitra dalam menggunakan social media dalam memasarkan produk, menjadi salah satu penghambat dan menurunnya penjualan produk jamur crispy Wak Jamil. Dengan adanya solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdian masyarakat, harpaannya nanti dapat meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar Wak Jamil. Mitra   Digital marketing adalah jenis pemasaran yang dicari oleh para pelaku usaha saat ini. Pemasaran digital memungkinkan pelaku usaha untuk menjual produknya ke luar kota, negara bagian, bahkan negara. UKM Sidoarjo memproduksi makanan ringan dan produk makanan berbahan dasar jamur. Salah satu UMKM yang berjalan lancar dengan Sidoarjo adalah UMKM Wak Jamil. Di UMKM Wak Jamil ini, UMKM membuat jamur, jajanan berbahan dasar jamur crispy yang biasanya disukai oleh para remaja. Jamur crispy masih dijual dengan konvensional, door to door. Misalnya, simpan di Warung terdekat. Karena itulah KKN Grup 18 Universitas Maarif Hasyim Latief mendukung praktik pemasaran UKM.

Teknik pemasaran digital marketing merupakan upaya untuk meningkatkan produksi, terutama dalam hal produk berkualitas tinggi, karena masyarakat umum lebih mengetahui produk yang dijual melalui pemasaran digital. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 1 bulan, Adapun program yang dilaksanakan adalah pemasangan banner pada workshop Wak Jamil, pembuatan meja penggorengan, memberikan pembekalan kepada mitra terkait pembuatan pencatatan sederhana biaya produksi dan penjualan, selain itu mengoperasikan dan memanfaatkan media social dalam proses promosi produk serta pendampingan dalam pembuatan desain produk terbaru kepada mitra.


Keywords


digital marketing; peningkatan; produksi; umkm; e-commerce

Full Text:

PDF

References


Ekasari, Ratna, Wulan Purnamasari, M. A. (2018). Pengaruh Iklan, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian BBM di SPBU Coco 51.601.108 Mastrip Surabaya. Ekonomi Manajemen, 4(2), 1–31.

Faqih, M. A., Luqman, M. H., Ulum, M., Thoriqul, M. H., Rozak, A., M, N. A., B, F. L., Suryaningsih, S., K, S. L., dan Wulandari, F. E. (2019). Meningkatkan Pemasaran Produk Para Pelaku UMKM di Pedukuhan Ngaseman melalui Program Kerja Pengenalan dan Penyuluhan Digital Marketing Sistem. 1, 425–427.

Pradiani, T., Penjualan, V., dan Malang, S. (2017). TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN HASIL. 11, 46–53.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/ajpm.v3i2.1559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN2622-7738 (online)

ISSN 2622-5328 (print)

PENERBIT : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif 

 

INDEXING :

 

View AMONG Stats

 

     


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.