Pengembangan UKM Batik Kembang Ayu Untuk Meningkatkan Daya Saing

Authors

  • Siti Mundari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Erma Yuliaty Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v3i2.1557

Keywords:

Batik Suroboyo, Pengembangan UMKM, Daya Saing

Abstract

Batik merupakan warisan budaya masa lampau dan diakui Unesco sebagai warisan dunia. Kita bangsa Indonesia harus bangga dan harus menjaga Karya Agung nenek moyang itu agar tetap terjaga eksistensinya. UMKM batik yang berusaha di bidang perbatikan, yang sehubungan dengan hal tersebut perlu dukungan dari berbagai pihak adalahUMKM Batik Kembang Ayu yang memproduksi batik tulis dengan corak  khas Surabaya yaitu ikan Suro dan Boyo, bunga mangrove, dan semanggi. Permasalahan yang dihadapi  UMKM  ini adalah peralatan membatik masih seadanya karena terbatasnya modal dan berharap adanya pelatihan desain batik agar kreatif untuk menciptakan inovasi motif-motif baru yang  modern supaya bisa bersaing dengan produk batik yang sudah ada di pasaran. Disamping itu UMKM ini juga belum mengelola usahanya  secara tertib administrasi. Hal itu dibuktikan dengan belum mengerti cara melakukan penghitungan terhadap harga pokok produksi dan pembuatan pembukuan sederhana, laporan kemajuan usaha serta belum punya rencana dasar pemasaran yang efektif. Untuk itu Tim PKM Untag Surabaya  mengusulkan pengadaan peralatan membatik, mengadakan pelatihan desain batik, pembinaan manajemen usaha agar dapat membuat penghitungan harga pokok produksi, membuat pembukuan sederhana, membuat laporan rugi laba dan agar bisa memasarkan produknya secara efektif. Hasil yang dicapai dalam  program ini yaitu terealisasinya pengadaaan peralatan membatik, pelatihan desain batik jenis kontemporer dan pembinaan manajemen usaha. Dengan terealisasinya program tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan  meningkatkan penjualan.

References

Assauri, Sofjan.2013. Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.Jakarta

Carter, William K. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi Empat Belas. Salemba Empat, Jakarta.

Horngren, Charles ,et. Al. 2008. Akuntansi Biaya : Pendekatan Manajerial. Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. PT Indeks Kelompok Gramedia.Jakarta

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2008 Prinsip-prinsipPemasaran,Jilid 1. Erlangga. Jakarta

Mulyadi, 2007. Akuntansi Biaya. BPFE-UGM, Yogyakarta

Sewan Susanto.1980. Seni Kerajinan Batik Indonesia. Balai Penelitian Batik dan Kerajinan.Jakarta

Suyanto. 2002. Sejarah Batik Yogyakarta. Rumah Merapi.Yogyakarta

Tulus T.H. Tambunan.2009. UMKM di Indonesia. GhaliaIndonesia.Bogor

Downloads

Published

2021-12-30

Issue

Section

Articles