Penerapan Perilaku Manajemen Keuangan Pada UMKM Desa Ketapanrame

Authors

  • Nikma Yucha Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Donny Arif Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Siti Mahmudah Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Yusanti Ervina Universitas Maarif Hasyim Latif
  • R.A Norromadani Yuniati Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v3i2.1555

Keywords:

Perilaku manajemen keuangan

Abstract

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM dalam menerapkan manajemen keuangan pada usahanya. Metode pelaksanaan kegiatan berbebtuk workshop, pemaparan materi, pelatihan serta hasil evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan pengabduan ini adalah peserta yang hadir sangat antusias dalam mengikuti seluruh kegiatan sehingga memudahkan narasumber dalam menyampaikan materi. Selain itu, perangkat desa juga sangat mendukung kegiatan dengan memberikan fasilitas yang memadai selama kegiatan berlangsung. Dari hasil kegiatan pengabdian ini, rencana tindak lanjut berikutnya adalah pendampingan pengelolaan keuangan menggunakan aplikasi digital.

References

Amanah,Ersha. (2016). Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude dan External Locus of Control Perempuan terhadap Personal Financial Management Behavior pada Mahasiswa Mahasiswa S1 Universitas Telkom”. Skripsi. Universitas Telkom.

Dwinta, I. dan C. Y. (2010). Pengaruh Locus Of Control, Financial Knowledge, Income Terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 12(3), 131–144.

Nikma Yucha, Donny Arif, D. A. N., & Mahmudah, S. (2018). Pelatihan Pencatatan Keuangan Sebagai Upaya Meningkatkan Competitive Advantage UMKM di DesaWatugolong Kec. Krian Kab. Sidoarjo. 612.

Rahmi, R. (2020). Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(2). https://doi.org/10.24235/ath.v30i2.6852

Setiawan, dkk. 2016. Pengaruh Sosial Demografi, Pengetahuan Keuangan, dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Investasi Keuangan Individu. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro

Sundjaja, dkk. 2012. Pola Gaya Hidup Dalam Keuangan keluarga (Studi Kasus:Unit Kerja Institusi Pendidikan Swasta di Bandung). Bina Ekonomi Majalah llmiah Fakultas Ekonomi Unpar. Vol. 15, No. 2. Agustus (2011).

Downloads

Published

2021-12-30

Issue

Section

Articles