Analisis Perbandingan Desain Poster Digital Dalam Meningkatkan Partisipasi Warga (Studi Kasus Pada Kegiatan Fun Day HUT RI Ke-79)
DOI:
https://doi.org/10.51804/ijsd.v7i2.16997Keywords:
Redesain Poster Digital, Efektivitas Desain Visual, Partisipasi MasyarakatAbstract
Penelitian ini, menganalisis perbanding dua poster digital yang digunakan sebagai media untuk menginformasikan kegiatan “PSP (Pondok Sukmajaya Permai) FUN DAY 2024 di Perumahan Pondok Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan acara perdana yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79. Selama ini, acara perayaan kemerdekaan selalu dilaksanakan di masing-masing RT (Rukun Tetangga). Perumahan yang berlokasi di Kelurahan Sukmajaya, Depok Jawa Barat ini, memiliki 19 RT dari 2 RW (Rukun Warga). Panitia dalam kegiatan ini merupakan perwakilan dari tiap-tiap RT. Dalam menyebarluaskan informasi kegiatan ini, panitia menggunakan media poster digital dan disebarluaskan melalui aplikasi WhatsApp. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan efektivitas poster digital dalam meningkatkan jumlah partisipan dalam kegiatan PSP FUN DAY 2024. Menurut informasi dalam penelitian ini, pada poster digital pertama yang disebarluaskan oleh panitia, mampu mengajak 200 warga untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Setelah poster digital di redesain dan disebarluaskan kembali, jumlah warga yang berpartisipasi meningkat menjadi sekitar 721 warga. Fenomena ini menimbulkan pertanyaan bagi penelitian, bagaimana perbedaan visualisasi desain poster digital sebelum dan sesudah di redesain pada PSP FUN DAY 2024. Apa yang membedakan kedua poster digital tersebut, sehingga efektif dalam meningkatkan jumlah partisipan warga. Penelian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan SCAMPER (Substitute, Combine, Adapt, Modify, Put to other uses, Eliminate, Reverse) untuk mengevaluasi kedua poster digital tersebut berdasarkan analisis pada elemen visual dan prinsip.
Downloads
References
Ash-Shiddiqi, H., Wahyuni Sinaga, R., & Audina, N. C. (2025). Kajian Teoritis: Analisis Data Kualitatif. Edukatif. Edutechjaya, 3(2), 333–343. https://doi.org/https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/edukatif/article/view/1628
Creswell, J. W., & D., C. A. J. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
De Siqueira, G., Malaj, S., & Hamdani, M. (2022). Digitalization, participation, and interaction: Towards more inclusive tools in urban design—A literature review. Sustainability, 14(8). https://doi.org/https://doi.org/10.3390/su14084514.
Fathurahman, I. (2025). Persepsi masyarakat seni terhadap karya mural Methodos. AKSA: Jurnal Komunikasi Visual, 3(1), 331–340. https://doi.org/http://aksa.stsrdvisi.ac.id
Haq, Bayyinah N ; (2024). Inovasi Desain Produk Umkm: Aplikasi Scamper Di Kelas Studio Desain Produk . Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 127–135. Https://Doi.Org/10.52060/Mp.V9i1.2025.
Hernández, L. A., Chodkowski, N., & Treibergs, K. (2022). A Guide to Implementing Inclusive and Accessible Virtual Poster Sessions. Journal of Microbiology & Biology Education, 23(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1128/jmbe.00237-21
Istiqlal, R. I., & Islam, M. A. (2024). Identitas Visual PT Wana Sakhi Wilwatikta. BARIK, 6(2), 184–198.https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jdkv.v6i2.63620
Lubis, S., Irawati, J., Aida, Y., Siregar, A., Lestari, S., Mardia, S., & Desty, T. (2024). Literasi Visual Tentang Pengenalan Poster Di SD Negeri 088 Panyabungan. Jurnal Kegiatan Pengabdian Mahasiswa (JKPM), 2(1), 23–32. https://doi.org/https://jim.stebisigm.ac.id/index.php/jkpm/article/view/400.
Ramli, R. J., Anggarini, A., & Prastiwinarti, W. (2022). Perancangan poster digital pada event APQ Awards 2022. Prosiding Seminar Nasional Tetamekraf, 147–154.
Ray, A., & Sucipto, F. D. (2023). Analisis Formalistik pada Poster Film Cut Nyak Dhien1988 Edisi Restorasi 2021. Jurnal SASAK: Desain Visual dan Komunikasi, 5(1), 57-60.
Saputra, A. (n.d.). Metode Studi Pustaka dalam Penelitian Desain komunikasi Visual. Malang: Akademia.
Wiliandika, I. M. S., Artawan, C. A., & Wirawan, I. G. N. (2024). Redesain Logo Volumina di Janji Design Lab. : : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(1), 1–12. https://doi.org/https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/amarasi/article/view/294.
Yuliani, N., Gustina, D., & Sakti, E. M. S. (2024). Pemanfaatan metode SCAMPER dalam pengembangan produk kuliner untuk UMKM: Studi kasus produk rendang kacang. Jurnal Perspektif, 22(1), 147–154. https://doi.org/https://doi.org/10.30813/perspektif.v22i1.21360.
Rivera-Orozco, C. E., García-López, J. H., & M. R. Ramírez-Jiménez, K. Pulido-Hernández, N. A. Gómez-Torres, L. Serrano-Zúñiga, M. T. Solorio-Núñez, and R. J.-R. (2024). Complex Systems and Their Applications: Secure Communication System Based on Multistability: Evaluation Using the SCAMPER Method for Innovation Projects. In Complex Systems and Their Applications (Issue Ediesca). https://doi.org/10.1007/978-3-031-51224-7
Zhang, J., Xu, R., & Yang, Z. (2022). Research and application of public welfare poster design under the background of perceptual design and digitalization. Proceedings of the 9th International Conference on Kansei Engineering and Emotion Research (KEER 2022), 587–594. https://doi.org/https://doi.org/10.5821/conference-9788419184849.61.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Imam Fathurahman, Zulhamdani, Ahmad Basri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.