Perancangan Maskot Sebagai Stategi Brand Activation Klub Sepak Bola Persiraja Banda Aceh
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##:
https://doi.org/10.51804/ijsd.v7i01.16875Keywords:
Persiraja Brand activation Maskot Identitas Design ThinkingAbstract
Persatuan Sepak Bola Indonesia Kutaraja Banda Aceh, atau sering disingkat Persiraja Banda Aceh adalah sebuah klub sepak bola Indonesia asal Kota Banda Aceh, Ibu Kota Provinsi Aceh, didirikan pada tanggal 28 Juli 1957. Persiraja Banda Aceh atau yang biasa dijuluki Laskar Rencong menyimpan keunikan sendiri dari kota-kota lain secara tidak langsung contohnya masih memegang teguh kepada kebudayaan salah satunya yaitu, Rencong Aceh. Namun untuk julukan yang tersemat di Persiraja Banda Aceh sendiri masih belum memunculkan identitas yang kuat. Seperti Laskar Rencong masih belum terkenal dikalangan orang banyak, dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan perlu adanya upaya untuk menguatkan identitas tersebut. Setelah melihat kesulitan peneliti memperoleh sebuah strategi, yang disebut strategi. brand activation. Sebelumnya Persiraja belum pernah mempunyai maskot, maka dibuatlah maskot sebagai bagian dari Persiraja yang akan mengaktivasi klub dan dihadirkan di berbagai kegiatan seperti event, hadir di acara komunitas, dan sebagainya. Penelitian ini juga bertujuan sebagai media pendukung klub Persiraja. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu, design thinking karena metode ini berfungsi mencari solusi yang tepat untuk memecahkan masalah sampai penyelesaian dengan melakukan tahap Emphatize, Define, Ideate, Prototype, sampai tahap Test. Dengan demikian membantu peneliti untuk merepresentasikan Klub Persiraja sehingga dapat memperkuat identitas Persiraja, dan mendapatkan perhatian dari publik khususnya para penggemar Persiraja. Karya ini dirancang dalam bentuk 2D dengan visualisasi gambar vektor.
Downloads
References
Andelina, I. R. (2021). Analisis Anthropomorphism Dalam Desain Karakter Arknights. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 14(2), 175-189.
Bari, S. (2015). Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) dalam membangun ekuitas merek Mobil Toyota Avanza: Studi pada PT. Astra Internasional, Tbk-AUTO 2000 Toyota Cabang Sukun Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Chumaidi, A. R., & Patria, A. S. (2023). Penelitian Ilustrasi sebagai Identitas Visual Acara Mahakarya Bonek Campus# 4. Desgrafia, 1(2), 142-159.
Dewi, R. R. C. (2018). Desain Maskot Dan Promosi Pariwisata Kota Muara Teweh Kalimantan Tengah (Doctoral
dissertation, Desain Komunikasi Visual).
HASANAH, S. F. N., & Hadiansyah, H. (2022). RANCANGAN BUKU GRAFIS DASAR CATUR. SHALZA FITRI NUR HASANAH: 186010034 (Doctoral dissertation, Desain Komunikasi Visual).
Kurniawan, F. L., & Sayatman, S. (2018). Penelitian Maskot untuk Memperkuat Identitas Visual Kota Kediri. Jurnal Sains dan Seni ITS, 7(1), 48-52.
Mahendra, Y. A. (2015). TA: Penelitian Maskot “Planktoon Fingerboard” sebagai Upaya Meningkatkan Brand Loyalty (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).
Miharjo, G. (2020). Penerapan Metode Laba Kotor Untuk Menyusun Laporan Kinerja Pada Pedagang Mikro Di Kecamatan Menteng (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Nauli, R., Sucipto, F. D., & Yuda, R. (2024). Penelitian Maskot Sebagai Identitas Pariwisata Simeulue. IKONIK: Jurnal Seni dan Desain, 6(1), 49-53.
Paramita, K. (2021). Analisis Pendapatan Pada Warung Tegal 2000 di Kelurahan Kaliabang Tengah Bekasi Utara (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
PINEM, J. B. (2021). Analisis kemampuan siswa menentukan 5W+ 1H dalam teks berita kelas V SD Negeri 064020 Medan sunggal tahun pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).
Prameswari, A. S. (2019). Strategi Brand activation Untuk Meningkatkan Brand Awareness (Studi Kasus Event Dextone Goes To School Di Sekolah Dasar Negeri 13 Jakarta Utara) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BAKRIE)
Retnawati, H. (2017, September). Teknik pengambilan sampel. In Disampaikan pada workshop update penelitian kuantitatif, teknik sampling, analisis data, dan isu plagiarisme (pp. 1-7).
Rizkizha, D. (2019). Penelitian Maskot Sebagai Strategi Brand activation Klub Sepakbola PSIM Jogja. AKSA: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(2), 260-269.
Yuda, R., Sucipto, F. D., & Ghifari, M. (2022). Penelitian Maskot ISBI Aceh sebagai Upaya Penguatan Brand Awareness. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 11(1), 3644.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Helsinky Alia DL, Fentisari Desti Sucipto, Mustafa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.