Perancangan Board Game Sebagai Media Edukasi Pembelajaran Bahasa Aksara Simalungun untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.51804/ijsd.v6i02.16636Keywords:
Bahasa Aksara Simalungun, Board game, Media Edukasi, Sekolah DasarAbstract
Simalungun merupakan sub Suku Batak yang memiliki aksara tersendiri, yaitu Aksara Simalungun yang disebut juga dengan surat batak atau surat sapuluh siah. Dalam menjaga kelestariannya, Bahasa Aksara Simalungun diterapkan sebagai muatan lokal dalam mata pelajaran Sekolah Dasar. Namun, dikarenakan kurangnya penggunaan Bahasa Simalungun di lingkungan menjadi faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam mengingat dan memahami ketika proses pembelajaran. Perancangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan metode permainan sehingga siswa mampu mengingat dan memahami pembelajaran Bahasa Aksara Simalungun. Metode perancangan ini menggunakan metode design thinking (Empathy, Define, Ideate, Design/Prototype,Test) dengan analisis data 5W+1H. Hasil dari perancangan ini ialah board game yang digunakan sebagai media edukasi pembelajaran Bahasa Aksara Simalungun.
Downloads
References
Adhicipta Wirawan. (2023). Yuk Bikin Board Game Edukasi. Mekanima Inspira Nagara.
Uli Kozok. (2009). Surat Batak: Sejarah Perkembangan Tulisan Batak. Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) dan École française d´Extrême-Orient.
Edyta, M. E., & Aditia, P. (2017). Perancangan Board Game Sebagai Media Edukasi Pola Hidup Sehat Pada Anak. E-Proceeding Of Art & Design, 4(3), 447.
Girsang, T. S., Darmawan, I. D. M. B. A., ER, N. A. S., Karyawati, A. A. I. N. E., Suputra, I. P. G. H., & Pramartha, C. R. A. (2022). Pengembangan Sistem Pengenalan Karakter Aksara Suku Simalungun Berbasis Android. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), 11(3), 617. https://doi.org/10.24843/JLK.2023.v11.i03.p18
Herdayati, & Syahrial. (n.d.). DESAIN PENELITIAN DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN.
Imran Nasution. (2021, April 24). Bahasa Simalungun Belum Jadi “Tuan” di Tanah Leluhur. Alolingsimalungun.Com.
Nasrulloh, M., Noviadji, B. R., & Kristalydia, I. (2019). Perancangan Board Game Edukatif Untuk Mengenalkan Cita-Cita Bagi Anak Usia 6-9 Tahun. Artika, 3(1), 18–30. https://doi.org/10.34148/artika.v3i1.216
Nurfadilah, S. (2021). Metode pembelajaran di Jenjang SD (R. Awahita (ed.)).
Prambudi, E. Y., & Yunianta, T. N. H. (2020). Pengembangan Media Bus Race Algebra Pada Materi Bentuk Aljabar Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.150
Rahmat Tirta Kusuma. (2019). RANCANG BANGUN GAME “LEGENDS OF SPACESHIP” MENGGUNAKAN GAME MAKER STUDIO. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), volume 13.
Sanusi, A. M., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 511–520. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.866
Setyosari, P. (2020). Desain Pembelajaran (B. S. Fatmawati (ed.)). PT Bumi Aksara.
Supriyanto, S., Isbandiyah, I., & Yeni, T. A. (2022). Integrasi Aksara Daerah Ke Dalam Sistem Informasi Komputer Sebagai Upaya Melestarikan Aksara Daerah. Bina Gogik, Volume 9 N, Page?:185 – 191.
Syarafina, B., Nisa, D. A., & Romadhona, M. (2022). Perancangan Board Game “Gigiku Sehat” Sebagai Media Pembelajaran Sekolah Dasar Kelas 1 - 3. Jurnal Imajinasi, 6(2), 112. https://doi.org/10.26858/i.v6i2.38033
Wahyudin Darmalaksana. (2020). Metode Design Thinking Hadis Pembelajaran, Riset & Partisipasi Masyarakat. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Widiyanto, J., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan Board Game TITUNGAN untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 425–436. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.674
William Ciputra. (2022, January 5). 10 Suku dengan Populasi Terbanyak di Indonesia, Minangkabau dan Batak Masuk Daftar. Kompas.Com.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arivia Sri Handayani, Muhammad Ghifari, Aji Sofiana Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.