Perancangan Maskot SMK Grafika Iss Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Authors

  • Suriani Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Rino Yuda Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Muhammad Ghifari Institut Seni Budaya Indonesia Aceh

DOI:

https://doi.org/10.51804/ijsd.v6i1.16438

Abstract

Perancangan ini mencerminkan nilai-nilai positif serta visi misi SMK Grafika melalui sebuah maskot menjadi konsep dasar dalam perancangan maskot SMK Grafika ISS, Visi SMK Grafika ISS  “melahirkan insan professional dalam desain digital yang siap pakai didunia usaha, industri dan berakhlakul karimah” dikerucutkan menjadi kata kunci dalam konsep perancangan maskot ini. Sehingga terwujudnya keyword “beriman, berkarakter, dan professional”. Dalam perancangan ini perancang membuat karakter maskot dari lebah yang menyenangkan dan menarik, meliputi beberapa ekspresi seperti ceria, gerakan yang lucu, sedih, dan karakter yang menunjukan hal-hal positif sehingga dapat menciptakan ikatan emosional antar siswa, orang tua dan khalayak umum. Metode perancangan Design Thinking digunakan untuk mencari solusi yang paling efektif dan efisien untuk memecahkan suatu masalah yang kompleks dengan melalui tahapan Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan test. Dengan demikian SMK Grafika ISS memiliki elemen visual yang menarik, sehingga dapat memperkuat erat brand awarness dan membantu memperkuat kesadaran akan merek tersebut di kalangan Masyarakat. Keseluruhan karya disajikan dalam bentuk visualisasi gambar vector dengan style flat design dan rangkum dalam bentuk 2D serta dilengkapi media pendukung lainnya, seperti motion graphic, baliho, x-banner, poster dan beberapa desain mock-up stiker, pin, totebag, gantungan kunci.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Supriyono, 2010. Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI OFFSET

Rustan. 2019. Warna. Jakarta: PT Lintas Kreasi Imaji

Sucipto, Desti Festisari dkk (2022). Buku Ajar Pengantar Desain Komunikasi Visual. Jawa Tengah : Eureka Media Aksara

Rino Yuda, Fentisari Desti Sucipto, Muhammad Ghifari. 2022. “Perancangan maskot ISBI Aceh sebagai upaya penguatan Brand Awarness” dalam jurnal Desain Komunikasi Visual, Volume 11 Nomor 01

Olvyanda Ariesta. 2020. “Perancangan maskot ISI Padang Panjang sebagai media branding” dalam jurnal Bahasa rupa Program studi Desain Komunikasi Visual Vol.03 No.02.

Rintania Rosita Citra Dewi, 2018. “Desain Maskot Dan Promosi Pariwisata Kota Muara Teweh Kalimantan Tengah” dalam tugas akhir Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Desain

Kemendikmud. 2023. “Data Pokok Pendidikan” https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=060000&level=1, di akses pada tanggal Februari pukul (22:11)

https://saputrobagas.wordpress.com/2017/03/19/perbedaan-desain-grafis-dan-desain-komunikasi-visual/ “ di akses pada 15 februari 2023 pada pukul 14.24

Website ISI Padang Panjang “https://www.isi-padangpanjang.ac.id/ “ diakses pada

Downloads

Published

2024-01-30