PENGARUH KUALITAS PRODUK, LABEL HALAL, DISTRIBUSI TERHADAP MINAT BELI BUMBU MASAK MIWON DI KECAMATAN DRIYOREJO, GRESIK

Authors

  • Donny Arif
  • M. Eddy Rosidi
  • Nuning Nurna Dewi

DOI:

https://doi.org/10.51804/econ12.v1i2.366

Keywords:

Kualitas produk, Label halal, Distribusi, Minat beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, label halal, distribusi terhadap minat beli bumbu masak Miwon di Kecamatan Driyorejo Gresik. Populasi penelitian ini ialah konsumen bumbu masak Miwon di daerah Driyorejo dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling sebanyak 80 responden. Analisis data penelitian ini ialah regresi linier berganda. Hasil penelitian yaitu kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli nilai regresi 0,668 dan tingkat signifikansinya 0,000. Label halal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai regresi 0,341 dan tingkat signifikansinya 0,002. Distribusi berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat dengan nilai regresi 0,326 dan tingkat signifikansinya 0,009. Kualitas produk, Label halal, Distribusi secara simultan berpengaruh secara positif dengan nilai f hitung 34,252 lebih besar dari nilai f tabel 2,72 dan tingkat signifikansinya 0,00lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh variabel kualitas produk, label halal, distribusi mampu mempengaruhi variabel minat beli ulang sebesar 57,5% dan sisanya 42,5% dijelaskan oleh variabel di luar penelitian ini. Kata Kunci : Kualitas produk, Label halal, Distribusi, Minat beli

Published

2018-10-29

Issue

Section

Ecopreneur.12