PENGARUH PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA KSPPS BINA SYARIAH UMMAH KABUPATEN LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.51804/econ12.v5i1.1718Abstract
Kepuasan konsumen merupakan salah satu hal yang harus selalu diperhatikan oleh sutau perusahaan.. kepuasan konsumen merupakan salah faktor yang berpengaruh terhadap keuntungan perusahaan, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan tentang produk, kualitas pelayanan dan experiental marketing terhadap kepuasan nasabah pada KSPPS Bina Syariah Ummah Kabupaten Lamongan. Populasi dalam penelitian ini seluruh nasabah pada KSPPS Bina Syariah Ummah dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 100 sampel yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik sampel teknik probability sampling. Analisis dilakukan dengan cara menyebarkan angket/kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa Variabel produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah , sehingga hipotesis yang menyatakan produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah diterima. Variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, sehingga hipotesis yang menyatakan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah diterima. Variabel experiential marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah , sehingga hipotesis yang menyatakan experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah diterima. Sedangkan secara simultan variabel produk, kualitas pelayanan dan experiental marketing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi pelanggan mengenai produk, kualitas pelayanan dan experiental marketing tergolong baik.
References
Andar Sri Sumantri, Radix Nugrahanto. Pengaruh Jasa Pelayanan Freight Forwarding Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Saintek Maritim, Volume XVIII Nomor 1, September 2018.
Atmaja,Jaka.(2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, Vol. 2 No. 1
Bhiaztika Ristyanadi, Yunni Rusmawati Dwi Jayanti. Pengaruh Citra Merk Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Perilaku Konsumen Toko Roti Lyly Bakery). Volume III No. 2, Juni 2018.
Budiarti, Anindhyta.(2009). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Umum Syariah Di Surabaya. Jurnal EKUITAS.
Diah Ayu Novitasari, Septyan Budy Cahya. Analisis Kepuasaan Pelanggan Jasa Delivery Order Lamongan Dengan Menggunakan Metode Service Quality. Volume III No. 1, Februari 2018.
Farida, Titin (2016). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Investor Pt Danareksa Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 17, No. 01
Haryono, Tri Andi, et al. 2016. Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening di PT Pelabuhan Indonesia III Semarang.
Hidayat, Rahmat. 2009. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. (Jurnal Manajem dan Kewirausahaan Vol.11 No.1 Hlm. 59-72). Surabaya: Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra.
Huzaimah, Ibdalsyah.(2018). Analisis Etika Bisnis Islam Dan Kualitas Pelayanan Dalam Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Bank Tabungan Negara (Btn) Syariah Cabang Bogor. Jurnal Ekonomi Syariah Volume 04, Nomor 02
Intan Verriana, Rusdyana, Mohamad Yusak Anshori. Pengaruh Kualitas Layanan (Service Quality) Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pada Mahasiswa Universitas Nu Surabaya. Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.2017
Ita Purnamasari, Ratya Anindita, Putri Budi Setyowati. Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji. HABITAT, 29 (2), 2018, 57-64 DOI: 10.21776/ub.habitat.2018.029.2.7.
Khakim, L., Fathoni, A., & Minarsih, M.M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Variabel Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Pizza Hut Cabang Simpang Lima. Journal of Management. Vol. 1, No. 1, Hal. 1-15. ISSN: 2502-7689.
Kotler, Philip., 2001, Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan, Jilid I, Indeks, Jakarta.
Kunto, Sondang Kunto, et al. 2013. Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Layanan Drive Thru McDonald’s Basuki Rahmat di Surabaya. Surabaya: Universitas Kristen Petra.
Kurnia Sari, Yunita.(2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Relationship Marketing Dan Corporate Social Resposibility Terhadap Loyalitas Dan Kepuasan Nasabah Bank. Jurnal Bisnis & Manajemen Vol. 17, No. 2, : 1 - 14
Laili Ika Nafisatin, M. Naely Azhad, Wahyu Eko Setianingsih. Pengaruh Kualitas Layanan, Komitmen Pelanggan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Vol. 8 No. 2 Desember
Natalia Christiani Ponto, Ahmad Parlindungan, Bambang W. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt Telkomsel Batam.
Noerchoidah, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Orenztaxi) Di Surabaya. BISMA – Bisnis dan Manajemen – Volume 9 No 2 April Tahun 2017.
Noor Suhasto, Iwan. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kedekatan Emosional Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, Vol 2, (1), 5
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Ecopreneur.12 Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Ecopreneur.12 Journal.
Ecopreneur.12 has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.