PENGARUH SOCIAL MEDIA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO ROTI AIS PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.51804/econ12.v5i1.1716Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis dan mengetahui (1) pengaruh social media terhadap keputusan pembelian, (2) pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian, (3) pengaruh social media dan word of mouth secara simultan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu warga yang berada di desa ketegan sepanjang sidoarjo dengan populasi sebesar 100 warga. Jumlah sampel penelitian sebanyak 55 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh yaitu yang berarti seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan memberikan daftar pernyataan kepada responden. Penelitian ini menggunakan alat regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa social media secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 3,543 > ttabel 2,007 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.word of mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 2,394 > ttabel 2,007 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 20,451 > Ftabel 3,18 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara simultan attau bersama-sama variabel social media dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,440. Artinya kedua variabel social media dan word of mouth secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 44,0% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 56,0% merupakan sumbangan/kontribusi variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.
References
Aji, P. bagas. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. STIE PGRI Dewantara Jombang, 10(2), 145–160.
Anwar, S., & Susanto, R. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI ASURANSI JIWA AJB BUMIPUTERA 1912. 01(01), 33–44.
Everlin, S., Sofia Senastri Dahlan, K., Bunda Mulia, U., Ancol Barat, J. I., Pademangan, K., & Jkt Utara, K. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI SIKAP DANMINAT PEMBELIAN MILENIAL TERHADAP ASURANSI JIWA under a Creative Commons Attribution (CC-BY-NC-SA) 4.0 license FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI SIKAP DANMINAT. Jurnal RisetManajemen Dan Bisnis (JRMB) FakultasEkonomi UNIAT, 5(2), 41–60.
HUDA, N. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan polis asuransi jiwa pada pt. axa financial indonesia cabang pekanbaru. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENJUALAN POLIS ASURANSI JIWA PADA PT. AXA FINANCIAL INDONESIA.
Prayoga, I., & Rachman, M. (2020). Setiap manusia memiliki kebutuhan hidupnya masing-masing . Salah satu kebutuhan hidup manusia yaitu makan dan minum . Makan dan minum merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi setiap harinya oleh manusia , oleh karna itu bisnis dibidang makanan dan mi. 1(5).
Purwanda, E., & Wati, T. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelangga(Survey Pada Pelanggan Lazada Di Wilayah Bandung Timur). Jurnal INTEKNA, 18(2), 86–91.
Sari, F. P., & Yuniati, T. (2016). Pengaruh Harga Citra Merek dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(6), 1–15. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/746/756
Wiridjati, W., & Roesman, R. R. (2018). Fenomena Penggunaan Media Sosial Dan Pengaruh Teman. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 11(2), 275–290. http://dx.doi.org/10.25105/jmpj.v11i2.2950
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Ecopreneur.12 Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Ecopreneur.12 Journal.
Ecopreneur.12 has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.