PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN

Authors

  • Nuning Nurna Dewi Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Achmad Fathoni Rodli Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Mohammad Septyan Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/econ12.v5i1.1696

Abstract

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terehadap loyalitas konsumen secara simultan parsial dan mengetahui variabel mana yang paling dominan mempengaruhi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kuesioner untuk mengetahui persepsi responden sebanyak 50, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi linier berganda dengan pengujian korelasi, uji f dan uji t dengan alat bantu. Hasil pengujian dari penelitian ini adalah didapatkan dimana semua variabel tersebut mempunyai pengaruh yang positif dan searah dengan variabel terikatnya yaitu loyalitas konsumen. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk secara simultan maupun secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen terbukti kebenarannya. Variabel kualitas produk (X2) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan anggota koperasi karena memiliki koefisien regresi yang terbesar yaitu 0,172 dibanding variabel kualitas pelayanan 0,105

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Asep M.Ramdan. 2008 Oktober 22. Hubungan Kualitas Jasa dan kepuasan Konsumen. http://asep-m-ramdan.blogspot.com.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ginting, Hartimbul F. Nembah. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung : CV

Yrama Widya.

Kirom, Bahrul H Dr. 2010. Mengukur Kinerja Layanan dan Kepuasan Konsumen.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 3. Jakarta: Erlangga

Kotler, P dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip Prinsip Pemasaraan. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Royana, Maranata I.Manurung. 2013. Pengaruh produk dan layanan terhadap kepuasan pelanggan pada hotel Inna Dharma Deli Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara

Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2007. Statistik Untuk Penelitian. Jakarta: Alfabeta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tanuwijaya, M dan M. Yusak Anshori. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pipop Copy. Surabaya: Universitas Ciputra Surabaya

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi

Tjiptono, Fandy. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Tjipjono, F dan Gregorius Chandra. 2005. Service Quality Satisfaction. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Wisnalmawati. 2005. Pengaruh Persepsi Dimensi Kualitas Layanan Terhadap

Niat pembelian Ulang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, No. 3 Jilid 10 2005, h. 153-165.

Downloads

Published

2022-04-15

Issue

Section

Articles