Pemanfaatan Digital Marketing Dan E-Commerce Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Wak Jamil
DOI:
https://doi.org/10.51804/ajpm.v3i2.1559Keywords:
digital marketing, peningkatan, produksi, umkm, e-commerceAbstract
Tujuan dari program pengabdian dan masyarakat ini ialah untuk membantu mitra UMKM dalam mengatasi permasalahan mitra untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan strategi pemasaran. Keterbatasan mitra dalam menggunakan social media dalam memasarkan produk, menjadi salah satu penghambat dan menurunnya penjualan produk jamur crispy Wak Jamil. Dengan adanya solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdian masyarakat, harpaannya nanti dapat meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar Wak Jamil. Mitra Digital marketing adalah jenis pemasaran yang dicari oleh para pelaku usaha saat ini. Pemasaran digital memungkinkan pelaku usaha untuk menjual produknya ke luar kota, negara bagian, bahkan negara. UKM Sidoarjo memproduksi makanan ringan dan produk makanan berbahan dasar jamur. Salah satu UMKM yang berjalan lancar dengan Sidoarjo adalah UMKM Wak Jamil. Di UMKM Wak Jamil ini, UMKM membuat jamur, jajanan berbahan dasar jamur crispy yang biasanya disukai oleh para remaja. Jamur crispy masih dijual dengan konvensional, door to door. Misalnya, simpan di Warung terdekat. Karena itulah KKN Grup 18 Universitas Maarif Hasyim Latief mendukung praktik pemasaran UKM.
Teknik pemasaran digital marketing merupakan upaya untuk meningkatkan produksi, terutama dalam hal produk berkualitas tinggi, karena masyarakat umum lebih mengetahui produk yang dijual melalui pemasaran digital. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 1 bulan, Adapun program yang dilaksanakan adalah pemasangan banner pada workshop Wak Jamil, pembuatan meja penggorengan, memberikan pembekalan kepada mitra terkait pembuatan pencatatan sederhana biaya produksi dan penjualan, selain itu mengoperasikan dan memanfaatkan media social dalam proses promosi produk serta pendampingan dalam pembuatan desain produk terbaru kepada mitra.
References
Ekasari, Ratna, Wulan Purnamasari, M. A. (2018). Pengaruh Iklan, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian BBM di SPBU Coco 51.601.108 Mastrip Surabaya. Ekonomi Manajemen, 4(2), 1–31.
Faqih, M. A., Luqman, M. H., Ulum, M., Thoriqul, M. H., Rozak, A., M, N. A., B, F. L., Suryaningsih, S., K, S. L., dan Wulandari, F. E. (2019). Meningkatkan Pemasaran Produk Para Pelaku UMKM di Pedukuhan Ngaseman melalui Program Kerja Pengenalan dan Penyuluhan Digital Marketing Sistem. 1, 425–427.
Pradiani, T., Penjualan, V., dan Malang, S. (2017). TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN HASIL. 11, 46–53.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Among Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Among Journal.
Among Journal has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.