Pengembangan UKM Batik Kembang Ayu Untuk Meningkatkan Daya Saing
DOI:
https://doi.org/10.51804/ajpm.v3i2.1557Keywords:
Batik Suroboyo, Pengembangan UMKM, Daya SaingAbstract
Batik merupakan warisan budaya masa lampau dan diakui Unesco sebagai warisan dunia. Kita bangsa Indonesia harus bangga dan harus menjaga Karya Agung nenek moyang itu agar tetap terjaga eksistensinya. UMKM batik yang berusaha di bidang perbatikan, yang sehubungan dengan hal tersebut perlu dukungan dari berbagai pihak adalahUMKM Batik Kembang Ayu yang memproduksi batik tulis dengan corak khas Surabaya yaitu ikan Suro dan Boyo, bunga mangrove, dan semanggi. Permasalahan yang dihadapi UMKM ini adalah peralatan membatik masih seadanya karena terbatasnya modal dan berharap adanya pelatihan desain batik agar kreatif untuk menciptakan inovasi motif-motif baru yang modern supaya bisa bersaing dengan produk batik yang sudah ada di pasaran. Disamping itu UMKM ini juga belum mengelola usahanya secara tertib administrasi. Hal itu dibuktikan dengan belum mengerti cara melakukan penghitungan terhadap harga pokok produksi dan pembuatan pembukuan sederhana, laporan kemajuan usaha serta belum punya rencana dasar pemasaran yang efektif. Untuk itu Tim PKM Untag Surabaya mengusulkan pengadaan peralatan membatik, mengadakan pelatihan desain batik, pembinaan manajemen usaha agar dapat membuat penghitungan harga pokok produksi, membuat pembukuan sederhana, membuat laporan rugi laba dan agar bisa memasarkan produknya secara efektif. Hasil yang dicapai dalam program ini yaitu terealisasinya pengadaaan peralatan membatik, pelatihan desain batik jenis kontemporer dan pembinaan manajemen usaha. Dengan terealisasinya program tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan meningkatkan penjualan.References
Assauri, Sofjan.2013. Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.Jakarta
Carter, William K. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi Empat Belas. Salemba Empat, Jakarta.
Horngren, Charles ,et. Al. 2008. Akuntansi Biaya : Pendekatan Manajerial. Erlangga, Jakarta
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. PT Indeks Kelompok Gramedia.Jakarta
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2008 Prinsip-prinsipPemasaran,Jilid 1. Erlangga. Jakarta
Mulyadi, 2007. Akuntansi Biaya. BPFE-UGM, Yogyakarta
Sewan Susanto.1980. Seni Kerajinan Batik Indonesia. Balai Penelitian Batik dan Kerajinan.Jakarta
Suyanto. 2002. Sejarah Batik Yogyakarta. Rumah Merapi.Yogyakarta
Tulus T.H. Tambunan.2009. UMKM di Indonesia. GhaliaIndonesia.Bogor
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Among Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Among Journal.
Among Journal has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.