Perencanaan Keuangan, Strategi Pemasaran Digital Dan Tutorial Pembuatan Donat Ubi Jalar di Dusun Siyono Kulon
DOI:
https://doi.org/10.51804/ajpm.v3i2.1556Keywords:
pemasaran digital, perencanaan keuangan, pengabdian masyarakatAbstract
Lebih dari 1 tahun Covid 19 mewabah di dunia yang mengakibatkan banyak sekali perubahan mulai dari bidang kesehatan sampai bidang ekonomi. Salah satunya berdampak di Dusun Siyono Kulon Desa Logandeng, masyarakat disana juga terdampak akibat adanya pandemi. Dusun dengan luas wilayah 30.000 Meter, jumlah penduduk 535, 160 kartu keluarga (KK). Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan seluruh warga desa Logandeng di Dusun Siyono Kulon, Gunungkidul, Yogyakarta. Mayoritas penduduk bermata pencaharian petani ini mengeluhkan adanya kesulitan dalam menjual hasil panen mereka. Selain itu penduduk setempat juga kurang memahami pemasaran secara digital serta pengelolaan keuangan dengan baik dan benar. Tujuan kegiatan ini yaitu menjelaskan mengenai strategi pemasaran digital dan perencanaan keuangan. Metode yang dilakukan yaitu dengan ceramah, diskusi dan pendampingan melalui YouTube dan grup sosial media. Materi yang disampaikan pada pengabdian masyarakat ini yaitu strategi pemasaran digital dan perencanaan keuangan. Hasil dari kegiatan ini adalah strategi pemasaran digital dan perencanaan keuangan yang menyeluruh oleh peserta.
References
Badan Pusat Statistik (2021) Berita Resmi Statistik, Bps.Go.Id.
Boumphrey, S. (2020) How will consumer markets evolve after Coronavirus ?, Euromonitor International.
Hadiwijoyo, S. (1989) Ki Hadjar Dewantara dalam Pandangan Para Cantrik dan Mentriknya. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Otoritas Jasa Keuangan (2021) Perencanaan Keuangan Keluarga, Otoritas Jasa Keuangan. Available at: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/images/FileDownload/25_Buku_Perencanaan_Keuangan.pdf.
Santosa, I., Winata, A. P. and Sulistiawati, E. (2016) ‘Kajian Sifat Kimia dan Uji Sensori Tepung Ubi Jalar Putih Hasil Pengeringan Cara Sangrai’, Chemica, 3(2), pp. 55–60. doi: 10.26555/chemica.v3i2.5961.
Sawicki, A. (2016) ‘Digital Marketing’, World Scientific News, 48, pp. 82–88. doi: 10.4324/9781315175737.
Suryana (2006) Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Wardhana, A. (2015) ‘Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia’, in In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV, pp. 327–337.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Among Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Among Journal.
Among Journal has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.