PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN BANGUN RUANG 3D BERBASIS ANDROID DENGAN MEMANFAATKAN AUGMENTED REALITY
DOI:
https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v2i1.29-38Keywords:
augmented reality, matematika, bangun ruang, aplikasi androidAbstract
Augmented Reality dapat diterapkan hampir disemua bidang kehidupan. Salah satu penerapanya yaitu dibidang pendidikan. Mata pelajaran yang membutuhkan media pembelajaran salah satunya adalah matematika, khususnya bangun ruang. Akan tetapi, siswa terkadang mengalami kesulitan dalam membayangkan suatu bangun ruang dari gambar di buku. Maka dibutuhkanlah suatu aplikasi untuk mengimplementasikan materi tentang bangun ruang matematika. Sehingga Metode Pembelajaran menjadi lebih menarik karena dapat menampilkan bentuk maya 3 dimensi dari obyek yang diinginkan terhadap dunia nyata melalui kamera smartphone android.
References
Abdullah, F. (2014). Analisa Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Studi Kasus Pengenalan Angka pada Anak TK Mekar Budi Demak (Universitas Dian Nuswantoro). Retrieved from http://eprints.dinus.ac.id/13102/
Herri, W. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Untuk Kelas 6 Materi Bangun Ruang di SD Negeri Tlogorejo 2 Berbasis Augmented Reality (Universitas Dian Nuswantoro). Retrieved from http://eprints.dinus.ac.id/16503/
Mehta, P. (2013). Learn OpenGL ES: For Mobile Game and Graphics Development. Apress.
Rusnandi, E., Sujadi, H., & Fauzyah, E. F. N. (2016). Implementasi Augmented Reality (AR) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar. INFOTECH Journal, 1(2).
Saputra, Y. A., & Indonesia, T. I. (2014). Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Fosil Purbakala di Museum Geologi Bandung. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1–8.
Septianto, R. (2014). Aplikasi Pembelajaran Bangun Datar dan Bangun Ruang Berbasis Mobile Android (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/28194/
Sood, R. (2012). Pro Android augmented reality. Apress.
Subagyo, A., Listyorini, T., & Susanto, A. (2015). Pengenalan Rumus Bangun Ruang Matematika Berbasis Augmented Reality. Prosiding SNATIF, 29–32.
Wijaya, I. S. (2017). Rancangan Prototype Aplikasi Teknologi Augmented Reality (AR) Pengenalan Monumen Bersejarah di Kota Jambi dengan Menggunakan Patern Recognition Metode Natural Feature Tracking (NFT) Secara Real Time. Seminar Nasional Teknologi Informasi. Retrieved from http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_454081882733.pdf
Zuono, T. T., Hatta, M., Kurniawan, C., Sugiarto, I., Anggraini, M., Purwadi, A., … Souisa, F. (2019). Build design introduction to university profiles using the logo with the augmented reality method. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 12115. IOP Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by UCaiAJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to UCaiAJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
UCaiAJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
UCaiAJ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.