PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ORGAN DALAM TUBUH MANUSIA BERBASIS ANDROID

Authors

  • Ahmad Muksin Universitas Maarif Hasyim Latif
  • M. Farkhan Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v4i2.%25p

Keywords:

augmented reality, blender, vuforia, unity, android, marker, organ dalam tubuh manusia

Abstract

Augmented Reality merupakan penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan sekitar. Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik memerlukan penjejakan yang efektif. Materi yang disajikan berupa pengenalan organtubuh manusia. Pembuatan aplikasi menggunakan teknologi Augmented Reality ini akan diterapkan pada smartphone berbasis Android dan didesain untuk pembelajaran pada kalangan pelajar. Dalam aplikasi ini terdapat objek organ dalam trubuh manusia berbentuk 3D yang dibuat menggunakan aplikasi Blender,dengan Unity sebagai game engine dan viforia sebagai library. Cara penggunaan adalah dengan mengarakan kamera smartphone ke marker yang telah tersedia. Kemudian dilayar smartphone akan muncul objek 3D organ dalam tubuh manusia beserta penjelasannya. Pembuatan aplikasi ini dapat membantu  meningkatkan pemahaman bagi para pelajar dalam pengenalan organ tubuh manusia menggunakan aplikasi Augmented Reality  yang berbasis Android.

Augmented Reality merupakan penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan sekitar. Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik memerlukan penjejakan yang efektif. Materi yang disajikan berupa pengenalan organ tubuh manusia. Pembuatan aplikasi menggunakan teknologi Augmented Reality ini akan diterapkan pada smartphone berbasis Android dan didesain untuk pembelajaran pada kalangan pelajar. Dalam aplikasi ini terdapat objek organ dalam trubuh manusia berbentuk 3D yang dibuat menggunakan aplikasi Blender,dengan Unity sebagai game engine dan viforia sebagai library. Cara penggunaan adalah dengan mengarakan kamera smartphone ke marker yang telah tersedia. Kemudian dilayar smartphone akan muncul objek 3D organ dalam tubuh manusia beserta penjelasannya. Pembuatan aplikasi ini dapat membantu  meningkatkan pemahaman bagi para pelajar dalam pengenalan organ tubuh manusia menggunakan aplikasi Augmented Reality  yang berbasis Android.


Author Biographies

Ahmad Muksin, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika

M. Farkhan, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika

References

Adami, F. Z., & Budihartanti, C. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem. 8, 122–131.

Apriyani, Huda, M., & Prasetyaningsih, S. (2016). Analisis Penggunaan Marker Tracking Pada Augmented Reality Huruf Hijaiyah. 8(1), 71–77.

Irfansyah, , J. (2019). Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Journal Of Information Engineering And Educational Technology.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. 13(2), 174–183.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. 36–48.

Perwitasari I. D. (2018). Teknik Marker Based Tracking Augmented Reality Untuk Visualisasi Anatomi Organ Tubuh Manusia Berbasis Android. Journal Of Information Technology And Computer Science (Intecoms), 1 No 1.

Wibowo, P. A., & Sudarmilah, E. (2015). Aplikasi Augmented Reality Game Edukasi Untuk Pengenalan Organ Tubuh Manusia.

Published

2021-12-31