IDENTIFIKASI TOKOH PADA CITRA WAYANG KULIT MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v4i2.%25pKeywords:
android, convolutional neural network, cnn, identifikasi, wayang kulitAbstract
Wayang Kulit adalah sebuah seni pertunjukkan Indonesia yang telah diakui dunia karena keunikan yang dimilikinya. UNESCO juga telah menobatkan wayang sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Namun pertunjukkan Wayang Kulit sekarang tergantikan dengan seni pertunjukan modern, seperti orkestra, layar lebar atau konser. Sehingga semakin banyak generasi muda yang tidak mengetahui tokoh-tokoh yang ada di perwayangan. Untuk itu penulis membuat aplikasi untuk mengidentifikasi wayang kulit dengan tujuan untuk melestarikan kesenian wayang dan mengenalkan ke generasi muda. Selain itu juga untuk memudahkan pecinta wayang kulit untuk mengenali wayang kulit. Metode yang digunakan dalam identifikasi wayang kulit ini adalah Convolutional Neural Network. Aplikasi dibuat berbasis Android sehingga mudah dibawa dan mudah digunakan. Pada akhirnya aplikasi ini diharapkan dapat dipakai oleh semua kalangan masyarakat.
References
Suyanto, K. N. Ramadhani, and S. Mandala, DEEP LEARNING : Modernisasi Machine Learning Untuk Big Data. 2019.
C. Liao, H. Chen, Y. Sun, and H. Ding, “An Analysis of Single-Layer Networks in Unsupervised Feature Learning Adam,” Qiche Gongcheng/Automotive Eng., vol. 24, no. 2, p. 130, 2002.
T. Nurhikmat and T. Purwaningsih, “Implementasi Deep Learning Untuk Image Classification Menggunakan Algoritma Convolutional Neural Network (Cnn) Pada Citra Wayang Golek,” Universitas Islam Indonesia, 2018.
I. Goodfellow, Y. Bengio, and A. Courville, Deep Learning (Adaptive Computation and Machine Learning series). 2016.
L. Perez and J. Wang, “The Effectiveness of Data Augmentation in Image Classification using Deep Learning,” 2017, [Online]. Available: http://arxiv.org/abs/1712.04621.
M. R. Sudibyoprono, Suwandono, Dhanisworo, Ensiklopedi wayang purwa. Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
M. Prijo, Wayang Kulit Gaya Yogyakarta : Bentuk dan Ceritanya. Jakarta: Balai Pustaka, 2004.
Suyanto, Machine Learning Tingkat Dasar dan Lanjut. Bandung: Informatika, 2018.
A. P. Setia and R. Magdalena, “Implementasi Deteksi Wayang Kulit Berbasiskan Platform Android,” vol. 1, no. 1, pp. 372–379, 2014.
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by UCaiAJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to UCaiAJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
UCaiAJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
UCaiAJ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.