SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN JUMLAH PRODUKSI DALAM SATU HARI MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.51804/tesj.v4i2.790.63-70Keywords:
fuzzy, produksi, prediksi, tsukamotoAbstract
Dalam perusahaan khususnya bagian produksi, seringkali tidak mengetahui hasil dari produksi hari ini. Hasil produksi dipengaruhi oleh banyak faktor, contohnya karyawan tidak masuk dan mesin rusak. Dari kasus tersebut, penulis membuat aplikasi prediksi jumlah produksi dengan jumlah karyawan tidak masuk dan jumlah mesin rusak menjadi variabelnya. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan platform android. Metode Tsukamoto adalah sebuah metode untuk mengambil sebuah keputusan. Pada tahap menentukan keputusan pada metode Tsukamoto yaitu satu: masukan tegas (crips) menjadi variabel linguistik, dua: aturan fuzzy, tiga: analisis logika, empat: penegasan (defuzzyfikasi), lima: penarikan sebuah kesimpulan dan yang terakir interpretasi hasil. Metode Tsukamoto dipilih karena memiliki aturan dengan merepresentasikan logika fuzzy yang dapat menghasilkan jumlah produksi cat. Metode Tsukamoto digunakan dalam menentukan jumlah produksi berdasarkan karyawan tidak masuk dan jumlah mesin yang rusak. Karyawan tidak masuk dan mesin rusak adalah variabel yang direpresentasikan dalam fungsi keanggotaan fuzzy.
References
Abdurrahman, G. (2011). Penerapan Metode Tsukamoto (Logika Fuzzy) dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Jumlah Produksi Barang Berdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Permintaan (Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/1790/
Agustin, V. R. (2015). Aplikasi pengambilan keputusan dengan metode Tsukamoto pada penentuan tingkat kepuasan pelanggan: Studi kasus di Toko Kencana Kediri (Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/6514/
Hansun, S., Kristanda, M. B., & Saputra, M. W. (2018). Pemrograman Android Dengan Android Studio IDE. Yogyakarta: Andi.
Kaswidjanti, W., Aribowo, A. S., & Wicaksono, C. B. (2014). Implementasi Fuzzy Inference System Metode Tsukamoto Pada Pengambilan Keputusan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah. Telematika: Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 10(2). Retrieved from http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/telematika/article/download/281/243
Risanty, R. D., Meilina, P., & Hasni, N. A. (2016). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Prediksi Jumlah Produksi dan Tenaga Kerja Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno. Prosiding Semnastek 2016. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Soraya, S. (2014). Implementasi Metode Tsukamoto dalam Menentukan Jumlah Pembibitan Kelapa Sawit Berdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Permintaan (Studi Kasus : Pusat Penelitian Kelapa Sawit). STMIK Budi Darma Medan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by TESJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to TESJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
TESJ has the right to multiply and distribute the article, and every author is not allowed to publish the same article published in this journal.
Teknika: Engineering and Sains Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.