PENGARUH DIGITAL MARKETING, PROFITABILITY, LITERASI KEUANGAN, DAN PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI LAT (LOBSTER AIR TAWAR) DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.51804/tesj.v3i2.473.71-76Keywords:
digital marketing, keputusan investasi, literasi keuangan, lobster air tawar, personal income, profitabilitasAbstract
Budidaya Lobster Air Tawar (LAT) merupakan komoditi baru dalam bisnis komoditi perikanan hias maupun konsumsi. Lobster jenis redclaw (Cherax quadricarinatus) merupakan jenis bisnis investasi yang tumbuh semakin pesat di Indonesia sejak munculnya Permen Kelautan dan Perikanan No.56/Permen-KP/2016. Tingginya permintaan yang tidak diimbangi dengan ketersediaan supply lobster air tawar jenis redclaw yang dikenal mudah dan cepat menyebabkan lambatnya perkembangan pegiat loster dibandingkan dengan besarnya pangsa pasar baik dalam maupun luar negri. Oleh karena itu diperlukan strategi, langkah-langkah serta analisis terkait faktor-faktor apa yang menjadikan minat masyarakat dalam pengambilan keputusan investasi bidang budidaya LAT. Pembuatan model analisis faktor melibatkan faktor digital marketing, literasi keuangan, pendapatan, serta profitabilitas, dan keputusan investasi beserta indikator-indikator variabel dalam sebuah model analisis SEM menggunakan CFA (Confirmatory Factor Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor profitabilitas atau tingkat keuntungan yang akan diperoleh dengan nilai loading factor sebesar 0,74 dengan indikator utama yaitu rasio pengembalian modal (P1) sebesar 1,00.
References
Afni, K. (2008). Analisis Kelayakan Pengusahaan Lobster Ait Tawar (Kasus K’BLAST’S Farm, Kec. Gunung Guruh, Kab. Sukabumi, Jawa Barat), 1–104.
Azmi, M. U. (2016). Pengaruh Program Komunikasi pada Digital Marketing dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Situs Lazada.co.id (Survey pada Forum Kaskus).
Brealey, Myers, M. (2009). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (5th ed.). Erlangga.
Christanti, Natalia., Mahastanti, L. A. (2011). Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Investor dalam Melakukan Investasi. Jurnal Manajemen Teori Dan Tearapan, 4(3), 37–51.
Endiana, I. D. M. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Investasi dengan Grwoth Opportunity sebagai Moderating Variabel. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 2.
Herawati, N. T. (2015). Kontribusi pembelajaran di perguruan tinggi dan literasi keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1–3), 60–70.
Juniawan, Jefri Eko ; Kusuma, A. A. G. A. E. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Customer Switching dari Taksi Konvensional ke Taksi Online. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(10), 5460–5488.
Kurniasih, T. (2008). Lobster Air Tawar (Parastacidae: Cherax), Aaspek Biologi, Habitat, Penyebaran, dan Potensi Pengembangannya. Media Akuakultur, 3(1), 31–35.
Lopus, J. S., Amidjono, D. S., & Grimes, P. W. (2019). Improving Financial Literacy of the Poor and Vulnerable in Indonesia: An Empirical Analysis. Biochemical Pharmacology, 100168. https://doi.org/10.1016/j.iree.2019.100168
Malik, A. D. (2017). Analisa Faktpr-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi UISI. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(1), 61–84.
Ratnasari, J. T. (2017). Jurnal Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Investasi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang yang Terdaftar di BEI.
Rochmah, N. (2016). Pengaruh Soft Skill Staf Perpustakaan Terhadap Pelayanan Prima di Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, XII(2), 144–149.
Septyanto, Dihin., Adhikara, M. F. A. (2013). Perilaku Investor Individu dalam Pengambilan Keputusan Investasi Sekuritas di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Skagerlund, K., Lind, T., Strömbäck, C., Tinghög, G., & Västfjäll, D. (2018). Financial literacy and the role of numeracy – How individuals’ attitude and a ffi nity with numbers in fl uence fi nancial literacy. Journal of Behavioral and Experimental Economics, 74(August 2017), 18–25. https://doi.org/10.1016/j.socec.2018.03.004
Suhana. (2019). Lobsternomics (2) : Kinerja Ekspor Lobster Triwulan 1 2019. Retrieved from https://suhana.web.id/2019/05/07/lobsternomics-2-kinerja-ekspor-lobster-triwulan-1-2019/
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by TESJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to TESJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
TESJ has the right to multiply and distribute the article, and every author is not allowed to publish the same article published in this journal.
Teknika: Engineering and Sains Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.