ABSENSI QR CODE BERBASIS e-CONFIRMATION (BOT TELEGRAM) DAN e-NOTIFICATION DENGAN TEKNOLOGI GOOGLE ACCESS
DOI:
https://doi.org/10.51804/tesj.v3i1.402.7-12Keywords:
e-confirmation, e-notification, google access, qr codeAbstract
Absensi dalam pendidikan sangat penting untuk mengetahui kehadiran dan ketidakhadiran baik itu guru dan siswa dan sebagai tolok ukur kedisiplinan guru dan murid. Absensi QR code merupakan ide kreatif untuk ramah lingkungan atau paperless, dimana teknologi tersebut berbasis e-Notification dan e-Confirmation yang pemberitahuannya real time dan menggunakan teknologi yang sedang naik daun yaitu bot telegram. Bukan itu saja, penerapan Google access seperti Google form yang digunakan inputan data absensi dan Google Spread Sheet sebagai penyimpan data atau database, pelaporan nya mudah untuk dikelola lagi, karena pada dasarnya Google Spread Sheet atau Excel cuman online, tentunya keuntungan nya dari penggunaan tersebut adalah free atau tanpa biaya hanya bermodalkan email dari Google, tidak usah beli hosting dan domain. Sehingga proses kontroling dari pimpinan dapat terlaksana dengan baik, pihak pimpinan dapat mengetahui siswa, gurunya hadir dan tidak hadirnya, jam masuk kelas, materi yang disampaikan dan catatan harian secara real time. Dan target perencanaan pendidikan tercapai dengan maksimal.
References
Aini, Q., Rahardja, U., & Fatillah, A. (2018). Penerapan Qrcode Sebagai Media Pelayanan Untuk Absensi Pada Website Berbasis Php Native. Sisfotenika, 8(1), 47–56.
Al-Khalifa, H. S. (2008). Utilizing QR code and mobile phones for blinds and visually impaired people. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 5105 LNCS, 1065–1069. https://doi.org/10.1007/978-3-540-70540-6_159
Ashford, R. (2010). QR codes and academic libraries: Reaching mobile users. George Fox University Libraries.
Bhardwaj, A. (2016). Importance of Education in Human Life : a Holistic Approach. International Journal of Science and Consciousness, 2(2), 23–28.
Lazar, S. (2015). The importance of educational technology in teaching. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 3(1).
Ro?ca, R. D. (2015). IMPLEMENTATION MODEL OF THE STUDENT CENTRED EDUCATION IN A UNIVERSITY IN ROMANIA. 4(1), 99–104.
Satrio, M. Al, Abdillah, L. A., & Syazili, A. (2017). Aplikasi Presensi Mahasiswa dengan Menggunakan QR Code Berbasis Android pada Universitas Bina Darma.
Sudarsana, I. K. (2016). The Importance of Morals Teaching in Shaping the Students’ characters in School. DHARMA ACARYA FACULTY INTERNATIONAL SEMINAR, 1, 306–315.
Wolber, D., Abelson, H., & Friedman, M. (2015). Democratizing computing with app inventor. GetMobile: Mobile Computing and Communications, 18(4), 53–58.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by TESJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to TESJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
TESJ has the right to multiply and distribute the article, and every author is not allowed to publish the same article published in this journal.
Teknika: Engineering and Sains Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.