DESAIN PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH RANGKAIAN DIGITAL BERBANTUAN SIMULASI
DOI:
https://doi.org/10.51804/tesj.v3i1.298.37-44Keywords:
daring, four d model, perangkat pembelajaran, simulasi komputerAbstract
Lulusan program studi vokasi dituntut siap bekerja di industry sesuai bidangnya. Oleh karena itu lulusan program studi vokasi perlu dibekali dengan pengalaman menyelesaikan permasalahan industri. Kebijakan pembelajaran jarak jauh secara daring telah mengurangi intensitas kegiatan untuk memperoleh pengalaman tersebut secara langsung. Mengetahui efektifitas desain perangkat pembelajaran berbantuan simulasi Komputer secara daring untuk meningkatkan kompetensi praktis mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan industri. Dengan desain pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi, sehingga ketika lulus akan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Desain pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan four D model. Tahap persiapan digunakan untuk mendefinisikan permasalahan rangkaian digital, tahap kedua merancang perangkat pembelajaran daring dan tahap ketiga membuat perangkat pembelajaran mata kuliah rangkaian digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran: (1) RPS memenuhi kriteria sangat valid (nilai kevalidan 3,29), LKM daring memenuhi kriteria sangat valid (nilai kevalidan 3,36), dan LP Daring memenuhi kriteria sangat valid (nilai kevalidan 3,6); (2) keterlaksanaan pembelajaran tergolong baik dengan rata-rata 3,2; (3) Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif dengan persentase 83,33% mahasiswa berada pada kategori terampil atau sangat terampil. Hasil belajar mahasiswa mencapai ketuntasan klasikal dengan persentase 80,56% untuk aspek pengetahuan dan 77,78% untuk aspek keterampilan.
References
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. In Cet. I. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional RI. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. , (2005).
Huitt, W. (2003). The psychomotor domain. Educational Psychology Interactive.
Nasution, S. (2003). Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Pemerintah R I. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. , (2003).
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Statistik Non Parametris untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2006). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. (2003). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Winkel, W. S. (2007). Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Gramedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by TESJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to TESJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
TESJ has the right to multiply and distribute the article, and every author is not allowed to publish the same article published in this journal.
Teknika: Engineering and Sains Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.