IMPLEMENTASI ALGORITMA A* (A Star) PADA NPC (NON-PLAYABLE CHARACTER) GAME PACMAN MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY 5 BERBASIS ANDROID

Authors

  • Fawaidul Badri Universitas Islam Malang
  • Muhammad Farih Al Habib Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v4i2.295.49-56

Keywords:

pacman, a*, a star, unity, c#, c sharp

Abstract

Memainkan game merupakan salah satu cara membuang stress pikiran pada saat tertentu ketika seseorang membutuhkan. Smartphone merupakan perangkat modern yang memiliki banyak developer aplikasi, salah satunya adalah developer game. Sebelum munculnya smartphone, terlebih dahulu muncul game-centre yang banyak diminati oleh masyarakat, mulai dari muda hingga tua, dan bahkan kaum hawa pun ikut tertarik. Pacman merupakan salah satu nama game terkenal pada tahun 1980-an, yang saat ini juga dikembangkan ke platform android. Dalam penelitian ini dilakukan implementasi algoritma A* kepada NPC Ghost yang akan mengejar dan memburu pacman dalam labirin hingga nyawa pacman habis dan game over. Dilakukannya implementasi algoritma A* adalah agar ghost dapat menemukan jalur tercepat ke pacman agar permainan terasa lebih intense.

Author Biographies

Fawaidul Badri, Universitas Islam Malang

Teknik Elektro, Fakultas Teknik

Muhammad Farih Al Habib, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Reddy, H. (2013). PATH FINDING - Dijkstra’s and A* Algorithm’s. International Journal in IT and Engineering.

Tilawah, H. (2011). Penerapan Algoritma A-star ( A *) Untuk Menyelesaikan Masalah Maze. Jurnal Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung, 1–5.

Widodo, W., & Ahmad, I. (2018). Penerapan Algoritma A Star (A*) pada Game Petualangan Labirin Berbasis Android. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(2), 57. https://doi.org/10.23917/khif.v3i2.5221

Zikky, M. (2017). Review of A* (A Star) Navigation Mesh Pathfinding as the Alternative of Artificial Intelligent for Ghosts Agent on the Pacman Game. EMITTER International Journal of Engineering Technology, 4(1), 141–149. https://doi.org/10.24003/emitter.v4i1.117

Downloads

Published

2020-12-30