ANALISIS PENGARUH VARIASI TEKANAN UDARA TERHADAP GAYA ANGKAT AIRFOIL PADA PIPA AKRILIK U

Authors

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v5i1.1659.9-14

Keywords:

airfoil, tekanan udara, gaya angkat, sudut serang, wind tunell, fluida

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental yaitu melakukan pengujian secara langsung pada obyek yang diteliti untuk mengetahui data sebab akibat melalui proses eksperimen sebuah peralatan yang sudah disiapkan. Prosedur penelitian dilakukan dengan cara mengubah sudut serang pada Airfoil pada tiga formasi yaitu 00, 100 dan 200. Permukaan Airfoil dihubungkan dengan alat ukur tekanan yang tersebar pada 15 titik pengukuran..Berdasarkan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan menunjukan besarnya gaya angkat serta tekanan udara bergantung pada sudut serang Airfoil. Apabila sudut Airfoil ditingkatkan sampai sudut batas akan diikuti dengan meningkatnya kecepatan udara pada lubang pengukuran dan mengakibatkan meningkatnya tekanan udara pada Airfoil serta gaya angkatnya. Gaya angkat () maksimal yang diperoleh dari penelitian ini sebesar 0,1174 N, dengan tekanan udara () sebesar 0,108 kg/m.s2, terjadi pada lubang uji no 14 Pada sudut serang 200 dengan kecepatan 13m/s.

Author Biographies

Hasan Basri, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Mesin, Fakultas Teknik

Yunita Nur Afifah, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Mesin, Fakultas Teknik

References

Bagade, P. M., Bhumkar, Y. G., & Sengupta, T. K. (2014). An improved orthogonal grid generation method for solving flows past highly cambered aerofoils with and without roughness elements. Computers & Fluids, 103, 275-289.

Hidayat, M. F. (2014). Analisa Aerodinamika Airfoil NACA 0012 dengan ANSYS Fluent. Jurnal Kajian Teknologi, 10(2).

Iqbal, M. T., & Faisal, Z. (2018). Studi Kecepatan Aliran Air dengan Menggunakan Tabung Pitot. INTEK: Jurnal Penelitian, 5(1), 14. https://doi.org/10.31963/intek.v5i1.194

Jain, A., Mishra, P., & Upadhyay, P. K. (2016). Analysis of experimental and simulation of North bridge and processor heat sink. International Journal of Innovative Engineering Research, 4(6), 1-11.

Mauro, S., Brusca, S., Lanzafame, R., Famoso, F., Galvagno, A., & Messina, M. (2017). Small-scale open-circuit wind tunnel: Design criteria, construction and calibration. International Journal of Applied Engineering Research, 12(23), 13649-13662.

Nurcahyadi, T., & Sudarja, S. (2008). Pengaruh Lokasi Ketebalan Maksimum Airfoil Simetris Terhadap Koefisien Angkat Aerodinamisnya. Semesta Teknika, 11(1), 110-124.

Rubenstein, D. A., Yin, W., & Frame, M. D. (2012). Fundamentals of Fluid Mechanics. In Biofluid Mechanics (pp. 11–48). https://doi.org/10.1016/B978-0-12-381383-1.00002-3

Suranto Putro, S. H., & Prabowo, A. S. (2019). STUDI NUMERIK PENGGUNAAN VORTEX GENERATOR PADA WING AIRFOIL NACA 43018. Jurnal Penelitian, 4(3), 67–77. https://doi.org/10.46491/jp.v4e3.303.67-77

Szubert, D., Asproulias, I., Grossi, F., Duvigneau, R., Hoarau, Y., & Braza, M. (2016). Numerical study of the turbulent transonic interaction and transition location effect involving optimisation around a supercritical aerofoil. European Journal of Mechanics-B/Fluids, 55, 380-393.

Wibowo, H. (2017). Pengaruh Sudut Serang Aerofoil Terhadap Distribusi Tekanan dan Gaya Angkat. JURNAL DINAMIKA VOKASIONAL TEKNIK MESIN, 2(2), 148. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.15999

Downloads

Published

2021-06-29

Issue

Section

Articles