PENGENALAN AKSARA JAWA DAN EDUKASI DENGAN MARKER TRACKING PADA AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.51804/tesj.v5i1.1626.1-8Keywords:
marker, tracking, aksara jawa, android, augmented realityAbstract
Semakin pesatnya perkembangan teknologi, android dan augmented reality bisa menjadi media alternatif untuk mengenalkan aksara jawa yang lebih interaktif. Aplikasi pengenalan aksara jawa dan edukasi dibangun menggunakan software Unity 3D dan memanfaatkan teknologi augmented reality yang dapat diopersikan pada perangkat mobile android. Penelitian ini menghasilkan aplikasi dapat menampilkan objek pada jarak 10 hingga 45 cm dalam intensitas cahaya terang. Aplikasi pada augmented reality ini dibuat berbasis android agar praktis dan lebih menarik minat anak-anak untuk memainkan aplikasi ini pada smartphone, sehingga aplikasi ini dapat dioperasikan dimana saja. Penggunakan gambar 3D dengan menggunakan software Blender dan Vuvoria sebagai library dan suara dalam menampilkan objek aksara akan menambah minat anak-anak agar tidak mudah jenuh dalam belajar pengenalan aksara jawa melalui aplikasi augmented reality.
References
Apriyani, M. E., Huda, M., & Prasetyaningsih, S. (2016). Analisis penggunaan marker tracking pada augmented reality huruf hijaiyah. Jurnal Infotel, 8(1), 71-77. https://doi.org/10.20895/infotel.v8i1.54
Arismadhani, A., Yuhana, U. L., & Kuswardayan, I. (2013). Aplikasi Belajar Menulis Aksara Jawa Menggunakan Android. Jurnal Teknik ITS, 2(1), A94–A98. https://doi.org/10.12962/j23373539.v2i1.2732
Huda, N., & Purwaningtias, F. (2017). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Berbasis Augmented Reality. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 6(2), 116–120. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v6i2.257
Satria, B., & Prihandoko, P. (2018b). Implementasi Metode Marker Based Tracking pada Aplikasi Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality. Sebatik, 19(1), 1–5.
Wardani, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) Untuk Pengenalan Aksara Jawa Pada Anak. Jurnal Teknologi, 8(2). https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1119
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by TESJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to TESJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
TESJ has the right to multiply and distribute the article, and every author is not allowed to publish the same article published in this journal.
Teknika: Engineering and Sains Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.