STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS SUSU KEDELAI DI DESA KEDUNG BOTO KECAMATAN TAMAN
DOI:
https://doi.org/10.51804/prosiding.v1i0.666Abstract
Strategi pengembangan pada bisnis susu kedelai dapat digunakan sebagai upaya untuk menjadikan bisnis susu kedelai sebagai bisnis yang tangguhdan mampu bersaing, sehingga bisnis tersebut mampu menjadikan nilai tambah bagi lingkungan sekitar maupun bagi para pengusaha susu kedelai.Pada pengembangan bisnis susu kedelai teknik yang digunakan sebagai pengumpulan data ialah data primer dan sekunder yaitu dengan cara melakukan wawancara, membagikan kuisioner dan laporan usaha. Tahap pertama adalah input data penentuan nilai EFE dan IFE, setelah mengetahui hasil dari analisis EFE dan IFE, selanjutnya menggunakan matriks SWOT untuk mencari alternative strategi, kemudian diagram analisis SWOT maupun matriks IE di gunakan sebagai alat untuk mengetahui posisi bisnis susu kedelai.Berdasarkan uraian tersebut memperoleh hasil bahwa prioritas strategi bisnis susu kedelai adalah strategi, SO: penetrasi pasar, memberikan harga lebih rendah dari pesaing dan menerima bantuan dari pemerintah.
References
Adriansyah, G., & Pramono, A. (2019). PERENCANAAN STRATEGI PT. X DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN STRATEGI. JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 2(1), 37–42.
Afridhal, M. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong Di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Sains Pertanian, 1(3).
Lubis, M. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Agribisnis Minyak Karo.
Prasnowo, M. A., Khomaruddin, A., & Hidayat, K. (2017). Strategi Pengembangan Sentra Industri Kecil Menengah Produksi Krupuk. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(1), 17–24.
Rambe, I. (2018). Analisis strategi pengembangan usaha pembuatan tahu pada pengrajin tahu bandung Kecamatan Padang Hulu Tebing Tinggi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.