ANALISIS DAN PERHITUNGAN PADA DAYA MOTOR UNTUK TEROWONGAN ANGIN (WIND TUNNEL) TIPE SUBSONIC DENGAN TEST SECTION 0,2 X 0,2 M UNTUK ALAT PERAGA MEKANIKA FLUIDA SKALA LABOLATORIUM

Authors

  • Andi Tri G

DOI:

https://doi.org/10.51804/mmej.v2i2.615

Keywords:

air volume, Perhitungan nilai, kerugian energi, rangkaian terbuka, subsonic, wind tunnel

Abstract

Aerodinamika yaitu salah satu bagian dari ilmu dinamika fluida yang mempelajari tentang gaya yang bekerja kepada suatu objek benda yang berada di dalam suatu aliran fluida. Pemecahan pada persoalan  aerodinamika yang umumnya melibatkan penghitungan berbagai sifat pada aliran yang terjadi, semacam kecepatan, tekanan, temperatur, maupungaya masa jenis, sebagai suatu fungsi terhadap ruang dan waktu. Dengan mempelajari model - model aliran yang ada, maka akan memungkinkan untuk menghitung maupun memperkirakan momen dan gaya bekerja pada suatu objek yang berada pada aliran tersebut. Laporan  secara eksperimen yang berguna dalam pemecahan permasalahan aerodinamika bisa didapat melalui berbagai macam metode, dan salah satu metode tersebut yaitu dengan menggunakan wind tunnel.

Tujuan  memperoleh angka air volume / CMH yang dibutuhkan pengujian pada (test section) di rangkaian terbuka wind tunnel. Mengetahui total keseluruhan kerugian pada tiap bagian rangkaian terbuka wind tunnel. Mengetahui dari hasil perhitungan daya motor pada fan yang benar dan sesuai.

Dari perhitungan yang telah dilakukan maka nilai minimal air volume yang diperlukan pada bagian test section sebesar 2880,14 CMH (Cubic Meter Hour). Analisa dari perhitungan Energy losses (kerugian energi) dari setiap komponen dalam rangkaian terbuka wind tunnel yaitu settling chamber ( untuk nilai Honeycomb nilai K0 = 0,004687 dan screen nilai K1 = 0,004687) , contraction dengan nilai K2 = 0,02745, test section nilai K3 = 0,0675 , Diffuser nilai K4 = 0,72962, dan saluran discharge nilai K5 = 0,1667887. Maka total dari keseluruhan nilai tersebut dijumlahkan Ktotal = 0,20014656. Perhitungan nilai daya motor yang dibutuhkan pada hasil perhitungan pada BAB 4 sebesar 233,51 W -> ½ HP.

References

Afifah, Y. N. (2016). Aliran Tak Tunak Fluida Nano Magnetohidrodinamik (MHD) Yang Melewati Bola Teriris.

Afifah, Y. N. (2019). (2019). Analysis of Unsteady Magneto Hydro Dynamic ( MHD ) Nano Fluid Flow Past A Sliced Sphere Analysis of Unsteady Magneto Hydro Dynamic ( MHD ) Nano Fluid Flow Past A Sliced Sphere. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 494, 012033. https://doi.org/10.1088/1757-899X/494/1/012033

Afifah, Y. N., & Putra, B. C. (2018). Model Matematika Aliran Tak Tunak Pada Nano Fluid Melewati Bola Teriris Dengan Pengaruh Medan Magnet. Teknika: Engineering and Sains Journal, 2(2), 119–124.

Bell, J.H., R.D. Metha. 1989. Boundary-Layer Predictions for Small Low Speed Contractions. London. AIAA Journal. http://vonkarman.stanford.edu/tunnel/contraction_paper.pdf

Barlow, Jewel B., William H. Rae, Alan Pope. 1999. Low-Speed Wind Tunnel Testing-3rd ed. New York. John Wiley & Sons, Inc.

Harold Sherwood Boudreau Iii. 2009. Design, Construction, And Testing Of An Open Atmospheric Boundary Layer Wind Tunnel, University Of Florida.

Kotwani, Kailash. 2003. Wind Tunnel Performance Analysis. http://www.casde.edu/windtunnel.pdf, akses : 16 Januari 2009

Miguel A. González Hernández, Ana I. Moreno López, Artur A. Jarzabek, José M. Perales Perales, Yuliang Wu and Sun Xiaoxiao. Design Methodology for a Quick and Low-Cost Wind Tunnel http://dx.doi.org/10.5772/54169

Nidia yuniarsih dan Wowo rossbandrio. 2015. “Pengembangan Terowonga Angin Kecepatan Rendah (low speed wind tunnel)”, untuk tujuan edukatif di Politeknik Negri Batam, Teknik Mesin Politeknik Negri Batam

Parts of Wind Tunnel. http://nasa/tunnel/tunnel_parts.html, akses : 16 Januari 2009

Sherwood Boudreau III Harold, 2009. Design, Construction, And Testing Of An Open Atmospheric Boundary Layer Wind Tunnel, University Of Florida

Tatman, Natman. 2004. Wind Tunnel Design and Operation. http://www.etw.de/windtunnel/ec/etw, akses : 17 Januari 2009

Downloads

Published

2019-12-18