PENGARUH SETELAN AFR (AIR FUEL RATIO) TERHADAP UNJUK KERJA MESIN SEPEDA MOTOR SUPRA X 125cc
DOI:
https://doi.org/10.51804/mmej.v1i1.350Keywords:
AFR, Motor bakar, TorsiAbstract
Banyak sekali hal yang mempengaruhi unjuk kerja motor bakar, salah satunya adalah pengaruh dari setelan AFR. Setelan AFR pada motor bakar 4 langkah berfungsi sebagai mekanisme yang berguna untuk campuran bahan bakar dan udara. Penyetelan AFR ini bertujuan untuk mengetahui hasil yang maksimal pengaruh dari beberapa perubahan setelan AFR terhadap unjuk kerja mesin sepeda motor. Penyetelan AFR pada sepeda motor sangat mempengaruhi unjuk kerja mesin, dan setiap motor mempunyai setelan standar dari pabrik hanya saja mayoritas mekanik memiliki beberapa variasi setelan AFR masing-masing. Motor bakar terdiri dari satu atau beberapa silinder yang didalamnya terdapat torak atau piston yang bergerak bolak balik ( translasi ). Di dalam silinder tersebut terjadi reaksi pembakaran yaitu proses oksidasi bahan bakar oleh oksigen dan udara. Gas hasil pembakaran tersebut bertekanan dan bertemperatur tinggi sehingga mampu menggerakkan torak yang kemudian dihubungkan ke batang penghubung dan selanjutnya ke poros engkol. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh setelan AFR terhadap unjuk kerja pada sepeda motor Honda Supra X 125 cc. Serta mengetahui pada setelan AFR berapa yang bisa di nyatakan baik digunakan pada sepeda motor Honda Supra X 125 cc. Hasil dari pengujian dan perhitungan. Didapatkan setelan AFR yang paling baik digunakan pada sepeda motor Honda Supra X 125 cc, yaitu setelan AFR 3/4putaran. Setelan ini mampu menghasilkan daya sebesar 84 HP dan torsi 9,57 Nm. Mampu menghasilkan percepatan 7,14 m/s² serta menghabiskan bahan bakar 349,93 gr/jam pada putaran 2000 rpm.
References
Arend, BPM & Berenschot. H. (1980). Motor Bensin. Jakarta : Erlangga.
Arikunto Suharsimi. (1992). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.. Jakarta : PT Rieneka Cipta
Eko Putra Agfianto. (2002). Belajar Mikrokontroler AT89C51/52/55. Yogyakarta : Gava Media
Suganda Hadi & Kageyama Katsumi. (1993). Pedoman Perawatan Sepeda Motor. Jakarta : Pradnya Paramita
Wardan Suyanto. (1989). Teori Motor Bensin. Jakarta : Depdikbud
Wiranto Aris Munandar. (1988). Penggerak Mula Motor Bakar. Bandung : ITB Press
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by MMEJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to MMEJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
MMEJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
MMEJ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.